Gempa M 5,3 Guncang Agam, Getaran Terasa ke Sejumlah Wilayah Sumbar

Ilustrasi - Seismograf, alat pencatat getaran gempa.
Sumber :
  • ANTARA

VIVA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis, gempa bumi dengan magnitudo 5,3 menggetarkan sejumlah wilayah di Sumatra Barat, Minggu, 12 September 2021, pukul 16.02 WIB.

Jokowi Resmikan 147 Bangunan yang Direhabilitasi Pasca Gempa di Sulawesi Barat

Lindu berpusat di 49 kilometer Barat Daya Agam dengan kedalaman 29 kilometer itu. Gempa itu dirasakan warga di kota Padang, Bukittinggi, Payakumbuh, Solok Selatan, Pesisir Selatan, Padang Panjang hingga Kabupaten Muko-Muko. 

Dalam keterangan resminya, Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno menjelaskan, gempa bumi ini terletak pada koordinat 0,5° LS-99,69° BT atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 42 kilometer arah Barat Daya Kota Lubuk Basung, Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar).

Gencarkan Promosi, Langkah Sandiaga Pulihkan Pariwisata Gunung Ruang usai Erupsi

Hasil analisis BMKG, kata Bambang, menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo 5.2. Lindu yang terjadi ini, merupakan jenis gempa bumi menengah akibat aktifitas subduksi lempeng Indo-Australia ke bawah lempeng Australia. 

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini, memiliki mekanisme pergerakan naik mendatar,” kata Bambang, Minggu, 12 September 2021.

BMKG Sebut Gelombang hingga 2,5 Meter Bakal Terjadi di Perairan Indonesia, Ini Lokasinya

Hingga kini, menurut Bambang, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktifitas gempa susulan. Meski getaran dirasa cukup kuat, namun lindu ini tidak berpotensi tsunami.

“Belum ada gempa susulan. Tidak berpotensi tsunami. Kepada masyarakat, diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Juga, dianjurkan menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa," ujarnya. 

Hingga kini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatra Barat belum menerima adanya laporan terkait dampak kerusakan yang timbul akibat gempa bumi ini. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya