Bandara Juanda Waspadai Masuknya COVID-19 Varian Mu

Ruang isolasi di terminal 2 Bandara Juanda Surabaya, Jawa Timur.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Umarul Faruq

VIVA – Otoritas Bandara Internasional Juanda Surabaya, Jawa Timur berkoordinasi dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) untuk meningkatkan kewaspadaan terkait potensi masuknya COVID-19 varian Mu. Kewaspadaan ditingkatkan karena Juanda salah satu pintu masuk yang sibuk melayani pekerja migran Indonesia (PMI) yang pulang. 

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Humas PT Angkasa Pura 1 Yuristo Ardi Hanggoro kepada wartawan menjelaskan, pihaknya masih melakukan koordinasi dengan KKP terkait perkembangan COVID-19 MU dan teknis antisipasinya. Namun dia memastikan saat ini protokol kesehatan tetap diterapkan secara ketat di Bandara Juanda. 

"Prokes yang sudah berjalan selama ini tetap dilakukan dan untuk meningkatkan jumlah masyarakat yang telah tervaksin kami sediakan sentra vaksin yang bekerja sama dengan KKP untuk calon penumpang yang akan berangkat," kata Yuristo pada Senin, 13 September 2021.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Sebelumnya Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyampaikan bahwa PMI asal 26 provinsi sudah mulai berdatangan dari luar negeri tempat mereka bekerja. Termasuk PMI asal Jatim. Oleh karena itu pihaknya melakukan screening dan testing secara ketat untuk menyambut kepulangan para PMI tersebut. 

Sama dengan sebelumnya, Khofifah menjelaskan bahwa pihaknya menyiapkan tempat karantina dan isolasi bagi PMI begitu tiba di Jatim. Tempat isolasi yang selama ini dipakai di antaranya ialah Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI) Surabaya. 

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

"Kemarin misalnya datang 619 orang. Hari ini datang 350 orang. Kita biasa update data per jam 23.59 WIB. Kalau mereka itu kemudian delapan hari di satu titik pasti akan lebih banyak yang kita layani. Semua tim harus semangat 45," ujar Khofifah pada Minggu kemarin, 12 September 2021. 

Di RSLI pula sebelumnya tim dokter menemukan pasien COVID-19 yang CT valuenya di bawah angka 15. Hal itu terbilang ekstrem karena normalnya minimal CT value angkanya 25. Pihak RSLI lalu sudah mengirimkan sampel spesimen untuk mengetahui kenapa itu terjadi. Juga untuk memastikan apakah COVID-19 yang dialami pasien tersebut varian baru atau bukan.

Youtube PT PNM Official

AO PNM dari Tanah Mataram, Tangguh Jadi "Kartini" Bagi Keluarga

PNM tidak hanya memberikan modal usaha, tetapi berbagai pelatihan untuk meningkatkan kualitas produk juga dilakukan. Hingga kini sudah ada 15.2 Juta nasabah PNM.

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024