Logo BBC

Bantu Pasien Isoman, Obat COVID-19 Diantar Pakai Drone di Makassar

BBC Indonesia
BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Pesawat nirawak sibuk berseliweran di langit Kota Makassar, Sulawesi Selatan, sejak Juli 2021 lalu, mengantarkan vitamin dan obat-obatan kepada mereka yang tengah berisolasi mandiri di rumah karena terinfeksi Covid-19.

"Waktu ada drone [datang] ke rumah, masyarakat sekeliling merasa asing. Baru pertama kali melihat [drone]," ujar seorang ibu rumah tangga yang menjalani isolasi mandiri di Kota Makassar.

Sebelumnya, perempuan yang meminta namanya tak disebutkan ini mengaku menggunakan layanan ojek daring untuk mendapatkan vitamin dan obat-obatan.

"Kalau kecepatan, hampir sama ya. Tapi masalah higienisnya yang saya lihat. Saya ini masyarakat biasa, dilayani seperti itu kan merupakan sesuatu yang unik," imbuh dia kepada wartawan Darul Amri yang melaporkan untuk BBC News Indonesia.

Hartati, 50 tahun, adalah warga lain yang menerima layanan ini. Bersama seluruh keluarganya, Hartati melakukan isoman sejak pertengahan Agustus lalu.

"Kalau begini, saya tidak menerima obat-obatan langsung dari manusia, seperti dengan Grab [ojek daring]. Menurut saya obat yang dikirim dengan drone lebih steril, itu yang pertama," ujarnya kepada Reuters di akhir Agustus lalu.

"Yang kedua, mengantarkan obat dengan drone berarti pemerintah peduli kepada kami, orang-orang yang terkena Covid."

Keluarga Hartati tinggal di area dengan 80 persen penduduk positif Covid, menurut satuan tugas Covid-19 Makassar.