Profil Budi Waseso, Mantan Kepala Bareskrim yang Laporkan Adhyaksa

Budi Waseso.
Sumber :
  • VIVAnews/Mohammad Yudha Prasetya

VIVA – Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Pramuka, Komjen (Purn) Budi Waseso, angkat suara terkait pelaporan terhadap Adhyaksa Dault, mantan Ketua Kwarnas Pramuka, ke Bareskrim Polri.

Budi Waseso dan Kwarda Pramuka Se-Indonesia Minta Nadiem Revisi Permendikbud No 12

Pria yang akrab disapa Buwas itu mengatakan bahwa duduk perkara dilaporkannya Adhyaksa oleh pihaknya itu atas dugaan penipuan, penggelapan, dan pemalsuan surat atas aset milik Kwarnas.

“Memang kita sedang satu per satu ya merapikan daripada aset-aset yang kita baru ini masuk. Yang kita laporkan utama ini adalah aset masalah pengelolaan pom bensin di Cibubur. Nah, ini ada penyalahgunaan wewenang, penggelapan, pemalsuan,” ujar Buwas kepada wartawan, Selasa, 14 September 2021.

In Memoriam: Prestasi Gemilang Mooryati Soedibyo, Pendiri Mustika Ratu

Buwas mengatakan, pengelolaan aset Kwarnas periode 2013-2018 saat diketuai oleh Adhyaksa dinilai tidak transparan dan pemanfaatannya tidak terbuka. Bahkan, ujar Buwas, terdapat ketidaksesuaian ketentuan dan aturan, baik secara Undang-undang, maupun Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) di Kwarnas.

Lantas, siapakah sosok Budi Waseso yang melaporkan mantan ketua Kwarnas Pramuka Adhyaksa Dault?

Profil Rizki Calon Suami Beby Tsabina yang Punya Karier Mentereng

Profil Budi Waseso

Komjen Pol (Purn) Drs Budi Waseso merupakan seorang Purnawirawan perwira tinggi Polri yang lahir pada 19 Februari 1960 di Perenggan, Pati, Jawa Tengah. Pria yang tengah menjadi sorotan ini sebelumnya menjabat sebagai Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) periode 9 September 2015 sampai 1 Maret 2018.

Lulus dari Akademi Kepolisian pada tahun 1984, Budi Waseso memiliki pengalaman dalam bidang reserse. Ia mengawali kariernya di dunia kepolisian sebagai Kepala Polisi Resort Barito Utara di Kalimantan Tengah.

Sejak saat itu, karier pria yang akrab disapa Buwas itu semakin menanjak. Bahkan, pada tahun 2007 ia pernah ditugaskan sebagai Kaden Opsnal II Puspaminal Div Propam Polri. Setahun kemudian, pada tahun 2008, ia pernah menjadi Kabid Propam Polda Jawa Tengah.

Lalu, pada tahun 2009 dan 2010, Budi Waseso menjabat sebagai Kabid Litpers Pusprovos Div Propam Polri dan Kepala Pusat Pengamanan Internal Mabes Polri (Kapus Paminal Div Propam Polri).

Setiap tahun, karier Buwas terus mengalami peningkatan. Ia pernah diangkat sebagai Kepala Kepolisian Daerah Gorontalo pada tahun 2012, Widyaiswara Utama Sespim Lemdikat Polri pada tahun 2013, dan Kasespim Lemdiklat Polri pada tahun 2014.

Sebelum mengemban amanah sebagai Kepala BNN, ia pernah ditugaskan sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal Polri (Kabareskrim) Polri masa jabatan 16 Januari 2015 sampai 7 September 2015.

Pria berusia 61 tahun itu saat ini menjabat sebagai Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka yang kedelapan, melanjutkan kepemimpinan Adhyaksa Dault yang berakhir pada tahun 2018 lalu. Pada tahun 2018, Budi Waseso juga pernah menjabat sebagai Direktur Utama Badan Urusan Logistik (Bulog).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya