KKB Bakar Puskesmas dan Perumahan Nakes Pegunungan Bintang Papua

Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal
Sumber :
  • VIVA / Aman Hasibuan ( Papua)

VIVA – Kelompok kriminal bersenjata (KKB) kembali membakar sejumlah fasilitas pelayanan publik di Distrik Okhika, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, Selasa, 14 September 2021 pagi.

Kisah Pilu Nakes di Simalungun Diperkosa 3 Pria, Seorang Pelaku Mantan Kekasih Korban

Adapun fasilitas pelayanan publik yang dibakar KKB dilaporkan terdiri dari puskesmas, perumahan nakes, bangunan sekolah SD dan SMP rumah guru serta balai kampung.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol. Ahmad Musthofa Kamal menjelaskan, pembakaran itu terjadi pada pukul 13.30 WIT. Polres Pegunungan Bintang mendapat laporan dari masyarakat bahwa telah terjadi pembakaran sejumlah fasilitas pelayanan publik di Distrik Okhika.

Gara-gara Wanita, Bripda DR Aniaya Tenaga Kesehatan Hingga Hidungnya Patah

"Warga melaporkan KKB bakar puskesmas, perumahan nakes, sekolah SD dan SMP, rumah guru serta balai kampung,” ujar Kamal.

Mendapati laporan tersebut personel gabungan TNI-Polri dan Satgas Nemangkawi kemudian melakukan koordinasi untuk menuju ke tempat kejadian perkara (TKP).

RSUD Smart Pamekasan Larang Nakes Cuti Antisipasi Lonjakan Pasien Pasca Libur Lebaran

Kamal mengatakan amat menyayangkan kejadian ini. Fasilitas pelayanan publik yang dijaga bersama demi kemajuan pembangunan namun dibakar oleh KKB Papua.

“Aparat Gabungan TNI-Polri akan terus melakukan pengejaran terhadap para pelaku yang mengganggu stabilitas keamanan di Provinsi Papua,” katanya. 

Kamal kemudian menyampaikan kepada masyarakat di luar Papua bahwa jarak TKP dengan pusat Kabupaten Pegunungan Bintang sangat jauh. Biasanya jarak Kabupaten Pegunungan Bintang dengan Kota Jayapura dapat ditempuh dengan menggunakan pesawat udara selama kurang lebih satu jam. Oleh karena itu bagi warga luar Papua yang akan berpartisipasi di ajang PON XX Papua tahun 2021 kata dia, situasi kamtibmas akan tetap aman dan kondusif.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya