Puluhan Kerbau Mati Misterius di Sekitar Sirkuit Mandalika

Puluhan ekor kerbau di wilayah Mandalika mati misterius
Sumber :
  • VIVA/Satria Zulfikar

VIVA – Belum lama ini puluhan ekor kerbau mati secara misterius di sekitar Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB)

Kerbau Albino Diundang ke Gedung Pemerintah, Harganya Rp7,8 Miliar

Beberapa ekor di antaranya menunjukkan kondisi sekarat dan terpaksa langsung dipotong warga agar masih layak dikonsumsi.

Hingga kini belum terungkap penyebab puluhan kerbau yang sering berkeliaran di sekitar sirkuit Mandalika itu mati mendadak.

AI Bisa Tahu Hidup dan Mati Manusia

Dinas Peternakan Lombok Tengah menyebut sebanyak 48 kerbau ditemukan mati. Namun 45 di antaranya menunjukkan gejala hampir mati sehingga langsung dipotong warga.

"Tiga ekor kami dapat informasi mati mendadak," kata Kasie Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Peternakan Lombok Tengah, Firman Hidayatullah, Senin, 13 September 2021.

PPP Gagal Lolos, Caleg PDIP 'Barang Antik' Megawati Ketiban Untung Melaju ke Senayan

Petugas sudah mengambil sampel kerbau untuk dikirim ke laboratorium di Bali. "Kami ambil dagingnya terus kita kirim ke lab Bali," ujarnya.

Dari gejala klinis yang ditunjukkan, dugaan sementara karena suspect Septicemia Epizootica (SE) atau penyakit ngorok yang biasa ditemukan pada sapi dan kerbau. Namun hal itu masih dugaan sementara.

"Ngorok pada kerbau ini menyebabkan infeksi dan dapat menular," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya