470 Karyawan Damri di Bandung Tak Digaji Sudah 7 Bulan

Karyawan Damri Ade Abdul Fattah Hidayat
Sumber :
  • VIVA/Adi Suparman

VIVA – Sebanyak 470 karyawan Damri cabang Bandung berkeluh kesah karena sudah tak digaji selama 7 bulan selama pandemi COVID-19. Seorang pengemudi yakni Ade Abdul Fattah Hidayat mengaku mereka menyatakan sikap aksi sebagai tekanan kepada perusahaan agar membayar hak karyawan.

Dituding Balik ke Nikita Mirzani karena Kehabisan Uang, Ini Jawaban Lolly

Bahkan lanjut Ade, ada pernyataan dari perusahaan bahwa gaji sudah dibayarkan padahal mereka tidak menerimanya.

"Karyawan di Bandung yang masuk tujuh bulan sekarang hampir enggak gajian, baru dibayar Rp1 juta," ujar Ade di Bandung, Jawa Barat pada Rabu 15 September 2021.

Ultah ke-16, Rahmat Bagja Bilang Bawaslu Masih Ada PR Termasuk Kenaikan Gaji

Perusahaan lanjut Ade berkilah enggan membayar hak karyawan karena terdampak pandemi. Ade mengaku harus meminjam uang ke pinjaman online atau pinjol hingga menjual sepeda motor untuk membayar uang kuliah anaknya.

"Saya yang mengalami saya sendiri listrik gak dibayar empat bulan hampir diputusin, untung dibantu saudara saya," katanya.

5 Negara dengan Upah Tertinggi di Dunia, Ada yang Tembus Miliaran Rupiah

Lebih mirisnya Ade mengaku tak pernah mendapatkan bantuan dari pemerintah berupa bantuan sosial atau bantuan presiden selama pandemi. "Saya mengadu langsung dengan teman kuasa hukum di DPP dan DPW kami," katanya.

Kuasa hukum di Serikat Pekerja Dirgantara Digital dan Transportasi Pengurus Unit Kerja Damri, Rengga mengaku pihaknya bakal turut mengawal kasus tersebut. "Jadi, kami berkumpul melakukan langkah hukum ke depannya mengawal persoalan kawan-kawan ini," kata Rangga.

Terpisah, General Manager Damri cabang Bandung, Ahmad Daroini mengakui adanya kondisi itu.

Pihaknya menjanjikan pembayaran akan segera dilunasi. "Setiap bulan tetap ada cicilan pembayaran gaji tapi tidak penuh 100 persen. Tetap akan diselesaikan dengan skema pembayaran diangsur," kata Ahmad.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya