Logo ABC

Warga Maybrat Masih Mengungsi Bahan Makanan Kebutuhan Mendesak

tidaknya 2.000 warga Distrik Aifat, Kabupaten Maybrat, Papua Barat, mengungsi sejak dua pekan lalu. (Supplied: Koalisi Masyarakat Sipil Peduli Pengungsi Maybrat)
tidaknya 2.000 warga Distrik Aifat, Kabupaten Maybrat, Papua Barat, mengungsi sejak dua pekan lalu. (Supplied: Koalisi Masyarakat Sipil Peduli Pengungsi Maybrat)
Sumber :
  • abc

Sekitar 2.000 warga Distrik Aifat, Kabupaten Maybrat, Papua Barat, mengungsi ke hutan dan ke kampung-kampung  tetangga yang terdekat.

Mereka mengungsi mencari perlindungan setelah kontak tembak antara Tentara Pembebasan Nasional (TPN) Papua Barat dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Adanya gelombang pengungsi ini didokumentasikan dan dilaporkan secara terperinci oleh sejumlah organisasi yang tergabung dalam Koalisi Masyarakat Sipil Peduli Pengungsi Maybrat.

Dalam laporan tersebut, Koalisi memperkirakan 2.086 warga dari 10 kampung masih mengungsi setelah serangan terjadi di Kampung Kisor. 

Pos Koramil Persiapan di Kampung Kisor diserang sekelompok orang pada 2 September 2021, menewaskan empat orang prajurit TNI dan melukai dua lainnya.

Juru bicara Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM), Sebby Sambom menyatakan pihaknya bertanggung jawab atas serangan itu.

Pasukan TNI/Polri pun menggelar operasi untuk mengejar para pelaku.

Pastur Bernardus Bovitwoss Baru dari dari Sekretariat Keadilan, Perdamaian, dan Keutuhan Ciptaan Ordo Santo Augustinus, yang menjadi bagian dari Koalisi mengatakan, sampai hari Kamis ini (16/09) ribuan pengungsi masih bertahan di pengungsian, baik di hutan atau di kampung-kampung lain.