Cek Vaksinasi di Jateng, Airlangga ke Santri: Sudah Dapat Izin Ortu?

Ketua Umum Golkar sekaligus Menko Perekonomian Airlangga Hartarto
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto melakukan peninjauan sentra vaksinasi di Pekalongan, Jawa Tengah, Kamis, 16 September 2021. Sentra vaksinasi tersebut untuk kalangan santri dan masyarakat umum.

WHO: Imunisasi Global Menyelamatkan 154 Juta Jiwa Selama 50 Tahun Terakhir

Dalam kesempatan itu, Ketua Umum Partai Golkar itu sempat berdialog dengan sejumlah santri yang mengantre secara tertin Rumah Sakit Zaky Djunaid Pekalongan. Dengan kemeja putih lengan panjang dan jaket rompi, Airlangga santai bicara dengan santri.

“Sudah dapat izin dari orangtua atau belum?” kata Airlangga bertanya ke santri seperti disampaikan dalam keterangannya, Kamis, 16 September 2021.

Jangan Anggap Remeh, Ini 4 Tanda yang Menunjukkan Anda Alami Stres

Menjawab Airlangga, para santri dengan kompak mengaku sudah dapat izin dari orangtuanya.

Airlangga menjelaskan sentra vaksinasi di Pekalongan didukung vaksinator dari TNI dan pihak dinas kesehatan setempat. Ia mengatrakan sentra vaksinasi ini ditargetkan bisa melayani sebanyak 650 penduduk dalam sehari.

Deretan Negara yang Ternyata Penduduknya Paling Cepat Meninggal Dunia

Dari data, tren vaksinasi di Kota Pekalongan terus mengalami peningkatan. Hingga Agustus 2021, capaian vaksinasi di Kota Pekalongan dosis 1 mencapai 96.307 dosis. Lalu, dosis 2 sebesar 56.331 dosis dan dosis 3 (booster untuk tenaga kesehatan) sebesar 1.480.

Airlangga juga sempat mendengarkan penjelasan Wali Kota Pekalongan Achmad Afzan Arslan Djunaid terkait penanganan COVID-19 dan vaksinasi. Dari penjelasan itu, Airlangga mengentahui ikhtiar pemerintah daerah beserta Forkopimda Kota Pekalongan demi menekan angka COVID-19.

"Akselerasi vaksinasi baik dalam hal distribusi maupun pelaksanaannya terus dilakukan pemerintah," jelas Airlangga. 

Menurut dia, hingga 14 September 2021, total vaksinasi di Tanah Air mencapai 118,36 juta dosis. Pun, sebanyak 42,76 juta penduduk sudah menerima vaksin COVID-19 secara lengkap. 

Lalu, target penerima vaksinasi juga diperluas dengan mencakup kalangan ibu hamil serta anak usia di atas 12 tahun.

Airlangga menekankan akan terus memantau sentra vaksinasi di berbagai daerah. Hal ini untuk mengetahui perkembangan vaksinasi agar target pemerintah dalam merujudkan herd immunity bisa terealisasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya