Kapal Terbalik di Perairanan Nusakambangan, 2 Orang Tewas

Ilustrasi Petugas Lembaga Pemasyarakatan Nusakambangan.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Idhad Zakaria

VIVA – Dua orang meninggal dunia akibat kecelakaan Kapal Motor Penumpang (KMP) Pengayoman di perairan Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah, Jumat, 17 September 2021. Dua orang dimaksud adalah petugas Lapas dan pekerja proyek. 

Deretan Kisah Mistis yang Terjadi dalam Perang Dunia

"Dari hasil evakuasi sementara 6 orang dievakuasi 4 orang selamat: Nakhoda kapal (P. toro, pegawai lapas batu), awak kapal. 2 orang meninggal: petugas lapas dan pekerja proyek," kata Kabag Humas dan Protokol Ditjen Pemasyarakatan Kemenkumham, Rika Aprianti kepada awak media, Jumat, 17 September 2021.

Rika menjelaskan, kecelakaan KMP Pengayoman tersebut terjadi sekitar pukul 09.00 WIB, ketika kapal pengayoman IV berangkat dari dermaga Wijayapura menuju dermaga Sodong dengan mengangkut dua truk proyek dan beberapa petugas. 

Kronologi Seorang Pemudik Meninggal Dunia di Area Parkir Kapal

Ketika berada di tengah perjalanan, terang Rika, kapal mulai oleng dikarenakan angin kencang dan ombak yang besar dan kuat. 

"Kapal pengayoman tenggelam dan terbawa arus menuju ke tengah selat," kata Rika. 

Estafet Obor Olimpiade Paris 2024 Dimulai! Dinyalakan dari Tempat Kelahiran di Yunani

Saat ini, Sekretaris Ditjen Pemasyarakatan dikatakan sedang menuju Nusakambangan guna melakukan koordinasi dan monitor pelaksanaan penanganan dengan Kepala Kantor Wilayah Jawa Tengah. 

"Sesuai laporan awal Kalapas 1 Batu NK, langkah-langkah yang telah diambil sebagai berikut, mengerahkan kapal pengayoman dan compreng untuk membantu evakuasi, berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk membantu evakuasi dan pertolongan," Imbuh Rika.
 

Penyeberangan ASDP.

ASDP Catat 98,2 Persen Penumpang Ferry Sudah Punya Tiket saat Sampai Pelabuhan

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mengungkapkan, pengguna jasa penyeberangan kini lebih baik dalam mempersiapkan perjalanan sejak jauh hari.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024