Asosiasi Bupati Pegunungan Tengah Papua Harap Nakes Segera Diungsikan

Para tenaga kesehatan (nakes) yang bertugas di Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, korban penyerangan oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Lamek Taplo setelah diselamatkan, Kamis, 16 September 2021.
Sumber :
  • ANTARA

VIVA – Asosiasi Bupati Pegunungan Tengah Papua mengharapkan para tenaga medis dan pendidik di Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, segera diungsikan ke tempat yang lebih aman.

Gara-gara Wanita, Bripda DR Aniaya Tenaga Kesehatan Hingga Hidungnya Patah

Ketua Asosiasi Bupati Pegunungan Tengah Papua Befa Yigibalom dalam siaran pers di Jayapura, Sabtu, 19 September 2021, mengatakan tidak ada pilihan lain Bupati Pegunungan Bintang diharapkan segera menarik tenaga medis, pendidik di wilayah sekitar kejadian ke ibu kota Kabupaten Pegunungan Bintang yakni Distrik Oksibil.

"Memang jalur darat dari Distrik Kiwirok belum terhubung ke daerah sekitarnya sehingga daerah seperti ini harus diperhatikan dengan serius," ujarnya.

RSUD Smart Pamekasan Larang Nakes Cuti Antisipasi Lonjakan Pasien Pasca Libur Lebaran

Menurut Befa, pihaknya juga menyampaikan turut berduka cita dan memberikan penghormatan yang tinggi kepada tenaga medis, terutama korban yang sampai kehilangan nyawanya dan berharap keluarga diberikan kekuatan.

"Asosiasi Bupati Pegunungan Tengah Papua mengutuk keras tindakan tersebut," ujar Bupati Lanny Jaya itu.

Wakil Bupati Sindir Bupati Manggarai yang Pecat Ratusan Nakes

Dia menjelaskan kejadian itu merupakan tindakan orang yang tidak beriman sama sekali, dan kami mengharapkan aparat keamanan turun tangan dan intervensi untuk menangkap pelaku serta secepatnya menangkap juga mengadili sesuai dengan hukum yang berlaku.

"Eskalasi di Kabupaten Pegunungan Bintang ini perlu disikapi serius oleh berbagai pihak dan diambil tindakan tegas terukur sehingga tidak meninggalkan benih-benih kekerasan yang sama," ujarnya.

Dia mengaku mengenal suku-suku di Pegunungan Bintang terutama suku Ngalum yang memiliki nilai budaya luhur yang tinggi, memiliki moral dan nilai-nilai baik, dan mengasihi sehingga jauh dari tindakan kekerasan. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya