Penjelasan BKN Soal Server Cloud SKD CPNS yang Bermasalah

Tes SKD CPNS 2021.
Sumber :
  • ANTARA/HO-Humas Itera.

VIVA – Badan Kepegawaian Negara (BKN) memberikan penjelasan terkait adanya kendala pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS di sejumlah titik lokasi (tilok) pada hari kemarin, Sabtu, 18 September 2021.

Cegah Kecurangan dalam Seleksi ASN, Menpan-RB Siapkan Teknologi Face Recognition

Kepala Biro Humas, Hukum dan Kerja sama BKN Satya Pratama mengatakan kendala tersebut sebetulnya kendala teknis yang dipicu permasalahan pada server cloud. Akibatnya pelaksanaan SKD di sejumlah tilok sempat tertunda.

"Sempat mengalami kendala teknis pada server cloud sehingga pelaksanaan SKD sempat tertunda selama beberapa waktu," kata dia dikutip dari keterangan tertulisnya, Minggu, 19 September 2021.

Oso Beberkan Strategi Partai Hanura Hadapi Pilkada 2024

Baca juga: Aturan Baru PNS Soal Ketentuan Masuk Kerja hingga Hukuman Berat

Menindaklanjuti kendala tersebut, Tim Teknis CAT BKN Pusat telah mengambil tindakan cepat dengan melakukan perbaikan, yakni melakukan optimasi pada sistem sehingga pelaksanaan ujian dapat berjalan lancar kembali.

Prof Yudan dan Pejabat BPIP Melayat ke Rumah Kayla Peserta Seleksi Paskibraka Sukabumi

"Penanganan teknis dapat dilakukan dengan cepat berkat kerja sama dari Panitia di Tilok, baik dari Tim CAT dan Panitia Instansi yang melaporkan terjadinya kendala teknis," tuturnya.

Dari proses identifikasi dan penanganan itu, pelaksanaan SKD berangsur-angsur terlaksana kembali, dimulai dari Tilok Indonesia Timur, Tengah, dan Barat. Di samping itu, Tim Teknis BKN tetap siaga mengantisipasi.

Menurutnya, untuk pelaksanaan SKD hari ini dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan jadwal yang ditetapkan. Namun, dia memastikan tim teknis atau panitia pelaksana akan tetap memastikan kejadian serupa tak terulang.

"Untuk pelaksanaan seleksi hari ini, Panitia CAT BKN terus berkoordinasi dengan panitia seleksi dari pihak instansi penyelenggara rekrutmen agar pelaksanaan seleksi hari ini masih sesuai dari jadwal yang sudah ditetapkan," ujar Satya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya