Gubernur Edy Sebut PON Papua Aman, Sumut Mampu Bawa Medali

Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi mengukuhkan kontingen Medan untuk PON Papua.
Sumber :
  • VIVA/Putra Nasution

VIVA – Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021, Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi berpesan kepada para atlet harus mampu mengharumkan nama provinsi Sumut dengan prestasi dan meraih mendali disetiap Cabang Olahraga yang dipertandingkan.

Pj Gubernur Sumut Terus Ajak Masyarakat Sukseskan PON 2024

Hal itu, disampaikan Edy saat mengukuhkan sekaligus memberangkatkan kontingen Sumut yang akan berlaga di PON Papua. Upacara pelepasan atlet ini, berlangsung di Wisma Atlet Pemprovsu, Jalan Pancing, Kota Medan, Minggu 19 September 2021.

Kemudian, mantan Ketua Umum PSSI ini, mengingatkan seluruh atlet untuk tidak khawatir dengan keamanan di Papua. Karena, ada TNI/Polri memberikan keamanan dan fokus untuk meraih mendali emas.

Pelatih Taekwondo dari Brimob Jambi Raih 10 Medali Emas Kapolri Cup

Baca juga: Permintaan IDI Belum Direspons Gubernur Papua Usai Serangan OPM

“Kami Forkopimda yang ada selalu mensupport kalian. Bahkan kami nanti akan datang ke tempat kalian berperang (PON). Kalau pertempuran di daerah yang belum aman itu perang menggunakan senjata untuk mempertahankan harga diri. Ini kita akan berperang di daerah yang aman. Inilah olahraga,” sebut Edy.

Ketika Indonesia Bikin Sejarah Olimpiade Lewat Olahraga Sunnah Rasul

Mantan Pangkostrad ini, yakin dan optimis. Para kontingen asal Sumut dapat membawa pulang mendali dalam PON Papua ini. Karena, keseriusan dan fokus berlatih untuk mempersiapkan diri melaksanakan PON ini.

“Populasi kita di Indonesia urutan keempat terbesar. Saya percaya kita bisa berbuat yang terbaik untuk Sumut. Sumut ini tidak akan menjadi Sumut yang bermartabat kalau kalian tidak bisa mengembaikan kehebatan, kekuatan, dan kemampuan yang pernah dilakukan oleh senior,” tutur Edy.

Edy mengatakan, saat ini prestasi olahraga Sumut memang tidak sebaik dari tahun 70 atau 80 an, yang pernah masuk dalam tiga besar perolehan medali di ajang PON. Edy berharap pada PON kali ini, Sumut bisa bersaing dengan provinsi lain. 

“Tahun 70 an dan 80 an Sumut ini berada di lingkaran tiga dalam perolehan medali setiap pelaksanaan PON. Saat ini posisi kita diurutan ke sembilan. jauh dari apa yang pernah diperoleh pendahulu kita,” sebut Gubernur Sumut itu.

Demi menjalamin keamanan dan kelancaran kontingen Sumut selama di Papua, Pemprovsu telah meminta pendampingan personel polisi dari Satbrimob Polda Sumut mulai dari keberangkatan hingga kembali lagi ke daerah.

“Fasilitas di Papua sangat terbatas, terkhusus para pendukung ini. Atlet saja itu sudah menggunakan barak tentara, kepolisian, yang digunakan untuk pelaksanaan PON. Sudah ada petugas pengamanan, baik itu dari dalam petugas Papua, juga pasukan yang dikirim dari luar Papua. Bukan untuk operasi, tetapi untuk mengamankan pelaksanaan PON,” jelas Edy.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya