Polda Sumut Terjunkan Brimob Kawal Atlet di PON Papua

Upacara pelepasan atlet Sumut di Wisma Atlet Pemprovsu, di Kota Medan.
Sumber :
  • VIVA/Putra Nasution

VIVA – Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara menerjunkan 24 personil Brimob untuk melakukan pengawalan dan memberikan pengamanan kepada atlet Sumut yang berjuang di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021.

Viral! Perempuan 9 Tahun Mampu Angkat Besi 75 Kg

Hal itu, diungkapkan oleh Kapolda Sumut, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak saat mengukuhkan sekaligus memberangkatkan kontingen Sumut yang akan berlaga di Pekan PON Papua. Upacara pelepasan atlet ini, berlangsung di Wisma Atlet Pemprovsu, Jalan Pancing, Medan, Minggu 19 September 2021.
 
Panca menjelaskan seluruh kontingen Sumut akan mendapatkan pengawalan selama menjalani kompetisi dari venue PON, yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Mimika, dan Merauke.

“Dalam rangka kegiatan PON 2020 di Papua, kita menyiapkan personel dari Brimob untuk mengamankan para atlet, official, dan semuanya. Dibagi tiga wilayah dan personel kita yang ditugaskan sebanyak 24 orang dan sudah kita bagi ke tiga wilayah yang menjadi tempat pelaksanaan perlombaan," sebut Panca.

17 Atlet Indonesia Pastikan Tiket ke Olimpiade 2024, Berikut Daftarnya

Pengawalan ini merupakan prosedur dari pemerintah agar kegiatan bisa berjalan aman dan kondusif. Pengawalan ini sekaligus memberikan rasa aman kepada para atlet dan kontingen yang berlaga. 

“Bahwa keamanan mereka itu dijaga, dijamin oleh kita semua sehingga mereka maksimal mengikuti perlombaan dan mencapai hasil yang maksimal,” jelas Panca.

Ending Bentrok TNI AL dan Brimob di Sorong, Israel Rugi Rp 16,3 T Tahan Serangan Iran

Lebih lanjut, Panca Putra menegaskan, pihaknya juga telah menyiapkan posko bagi personel untuk terus melakukan monitoring kegiatan yang diikuti para atlet selama di Papua. 

“Sekarang sudah berangkat 6 orang, tinggal 18 lagi yang di sini dan secara bertahap. Kita juga sudah siapkan poskonya untuk melihat dan memantau serta pengawalan terhadap atlet yang bertanding. Mudah-mudahan semuanya aman dan tidak ada yang mengganggu,” yakin Kapolda.

Kontingen Sumut pada PON 2020 berkekuatan 349 orang, terdiri dari 186 atlet, 54 pelatih, offcial cabor 19 orang, official kontingen 56 orang, terapi 10 orang dan pengamanan 24 personel dari Polda Sumut

Sumut sendiri akan bertanding di 32 cabang olahraga. Sementara untuk keberangkatan pertama kontingen Sumut menuju Mimika pada 20 September dan keberangkatan terakhir pada 8 Oktober. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya