Polisi Klaim KKB Sudah Hengkang dari Wilayah Mimika

Kepala Polres Mimika AKBP IGG Era Adhinata bersama Komandan Kodim 1710/Mimika Letkol Inf Yoga Cahya Prasetya memeriksa pasukan saat apel pengamanan PON XX Papua di Sub Klaster Kabupaten Mimika, Sabtu, 18 September 2021.
Sumber :
  • ANTARA/Evarianus Supar

VIVA – Kepolisian Resor Mimika, Papua, terus memantau ketat pergerakan kelompok kriminal bersenjata (KKB) yang berpotensi mengganggu situasi keamanan saat penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di daerah itu.

Beroperasi Juni 2024, Smelter Freeport di Gresik Bakal Diresmikan Jokowi?

Kepala Polres Mimika AKBP IGG Era Adhinata, di Timika, Minggu, 19 September 2021, mengatakan meskipun ancaman gangguan gerombolan separatis bersenjata itu mulai berkurang karena sebagian besar faksi KKB yang sempat bercokol di wilayah Tembagapura sudah kembali ke daerah asalnya, aparat TNI-Polri terus mewaspadai keberadaan kelompok itu.

"Walaupun sebagian besar kelompok itu sudah keluar dari wilayah Kabupaten Mimika, tetapi kami masih terus memantau ketat pergerakan mereka. Kami akan memperketat pengamanan di titik-titik rawan perlintasan mereka," kata Era Adhinata.

Smelter Freeport di Gresik Mulai Produksi Agustus 2024 dengan Kapasitas 50 Persen

Menurut dia, aparat TNI dan Polri berupaya maksimal mencegah dan mengamankan wilayah Mimika dari KKB, apalagi jika sampai gerombolan separatis bersenjata itu melakukan aksi-aksi mengganggu keamanan.

Di samping gangguan KKB, aparat TNI dan Polri juga mengantisipasi potensi gangguan keamanan lainnya, terutama yang berasal dari gesekan antarkelompok suku dan lainnya yang selama ini kerap terjadi di Mimika.

Freeport Indonesia Setor Rp 3,35 Triliun Bagian Daerah dari Keuntungan Bersih 2023

"Kita semua sudah tahu Timika itu rawan sekali potensi konflik atau gesekan antarsuku dan lainnya. Maka sekecil apa pun gesekan itu harus diselesaikan pada jam itu juga, tidak boleh menunggu sampai satu hari atau berhari-hari," jelasnya.

Untuk mengamankan PON XX Papua di Klaster Kabupaten Mimika, TNI dan Polri mengerahkan sebanyak 1.500 personel yang terdiri atas 997 personel Polri dan 485 personel TNI.

Khusus Polri, sebanyak 432 personel didatangkan dari luar, yaitu 400 personel Brimob Polda Sulawesi Utara, Polda Kalimantan Tengah, dan beberapa polda lainnya, serta ditambah 32 personel Polres Asmat.

"Pasukan BKO yang didatangkan dari luar dan sudah tiba di Timika, yaitu Brimob Polda Sulut sebanyak 100 personel. Dalam waktu dekat akan tiba lagi Brimob BKO  Polda Kalteng dan Polda yang lainnya," kata dia.

Sebagai salah satu klaster penyelenggara PON XX Papua, Kabupaten Mimika menjadi tuan rumah untuk 9 cabang olahraga dengan 12 nomor yang dipertandingkan di PON XX Papua, yaitu atletik, basket, futsal, bola tangan, panjat tebing, biliar, judo, tarung derajat, aerosport yang mencakup terbang layang, aeromodeling, dan terjun payung.

Pengamanan lomba maraton

Polri dan TNI akan memperketat pengamanan Kota Kuala Kencana dan sekitarnya saat berlangsung pertandingan atletik nomor lari maraton putra dan putri serta jalan cepat putra dan putri pada PON XX Oktober 2021.

Era Adhinata mengatakan pengamanan di Kuala Kencana yang merupakan kota pusat perkantoran PT Freeport Indonesia di kawasan dataran rendah Mimika itu akan dilipatgandakan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Aparat keamanan memberi perhatian khusus terhadap pengamanan Kota Kuala Kencana saat berlangsung pertandingan dua nomor atletik itu.

Selain pertandingan, katanya, kota ini diprediksi akan dibanjiri atlet, ofisial, dan penonton dari berbagai daerah di Indonesia. Kawasan Kota Kuala Kencana yang berada di dalam kawasan hutan rimba Papua itu pernah diteror oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB).

Pada 30 Maret 2020, ujarnya, KKB menyerang perkantoran PT Freeport Indonesia di Kuala Kencana saat karyawan tengah beraktivitas.

Insiden itu mengakibatkan satu pekerja berkewarganegaraan Selandia Baru meninggal dunia dan beberapa pekerja lainnya terluka.

Nomor pertandingan atletik lainnya di luar nomor maraton dan jalan cepat akan berlangsung di arena Stadion Atletik Terbuka Mimika Sport Complex di Jalan Poros SP2-SP5, Kelurahan Timika Jaya SP2. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya