Laksdya Aan Kurnia: Laut Natuna Utara Aman Terkendali

Kepala Bakamla, Laksamana Madya TNI Aan Kurnia
Sumber :
  • Bakamla RI

VIVA – Kepala Badan Keamanan Laut atau Bakamla RI Laksamana Madya Aan Kurniawan, menjelaskan bagaimana kondisi saat ini di Laut China Selatan atau Laut Natuna Utara. Aan menegaskan kondisi Laut Natuna Utara saat ini dalam kondisi aman dan terkendali.

CIti Gandeng Occam Genjot Kinerja Komunikasi

Aan menegaskan kepada para nelayan yang biasa mencari ikan di perairaan tersebut agar tidak perlu khawatir dengan kehadiran kapal-kapal asing. Dia memastikan keamanan para nelayan dan dijamin tidak ada gangguan dari kapal asing kepada para nelayan.

"Saya tegaskan bahwa Laut Natuna Utara sekarang aman terkendali," kata Aan dalam rapat dengar pendapat bersama dengan Komisi I DPR, di Komplek Parlemen Senayan, Senin 20 September 2021.

Motor Delapan Silinder Asal China Siap Meluncur

Aan mengatakan, Bakamla akan siap memberikan bantuan pengamanan bagi para nelayan yang mencari ikan di wilayah Laut Natutna Utara. Sehingga dia menjamin para nelayan tidak akan mengalami gangguan dari kapal asing.

"Saudara-saudara kita yang nelayan silakan bergiat lagi di sana, kami jamin aman. Kami juga siap untuk mengamankan mereka," ujar Aan.

Curhat Jurnalis Asing Kala Bertugas di China

Aan menambahkan, kedepannya memang perlu ada komunikasi yang baik antara nelayan dan para aparat penegak hukum. "Kita siap amankan mereka. Dan ini harus dilakukan komunikasi yang baik," ujar Aan.

Selain itu, Aan juga menambahkan, harus ada ketegasan dalam menegakkan hukum di wilayah perairan Indonesia di Natuna Utara. Apabila ada pelanggaran hukum yang ditemukan, segera tindak dengan tegas dan tidak boleh ada kompromi.

"Kalau ada yang melanggar harus kita tindak. Baik di ZEE atau landas kontinen. Bakamla, TNI AL, KKP enggak boleh kompromi soal aturan di ZEE dan landas kontinen," ujar Aan

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya