Termotivasi Jokowi, Tokoh Muda NU Ini Bikin Terobosan saat Pandemi

Tokoh Muda NU Witjaksono
Tokoh Muda NU Witjaksono
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Presiden Joko Widodo atau Jokowi belum lama ini menerima Asosiasi Pedagang dan Paguyuban Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) nasional di Istana Negara. Salah satu pertemuan itu terkait kepengurusan legalitas atau perizinan para pelaku UMKM nasional.

Terkait itu, tokoh muda Nahdlatul Ulama (NU) Witjaksono menilai Jokowi sudah berusaha menjaga ketahanan dan pertumbuhan UMKM di Tanah Air. Ia pun termotivasi dengan pemerintahan Jokowi yang terus menjaga sektor UMKM.

Upaya Witjaksono ini membuat terobosan dengan menginisiasi kegiatan gratis biaya kepengurusan legalitas atau perizinan bagi 1000 pelaku UMKM. Masalah legalitas perizinan menjadi faktor penting.

“Pertama, Saya tergerak dan termotivasi melakukan kegiatan gratis biaya kepengurusan legalitas 1000 UMKM. Ini Setelah melihat wujud nyata betapa luar biasa daya upaya yang dilakukan Pak Jokowi dalam melindungi, menjaga dan menumbuhkan UMKM di tengah pandemi COVID-19," kata Witjaksono, dalam keterangannya, Senin, 20 September 2021.

Dia mengatakan inisiasi programnya itu dinamakan dengan Bantuan Produktif (BanPro). Ia berharap banyak pegiat UMKM yang menirunya sehingga bisa membantu pemerintah dalam menyelesaikan permasalahan legalitas dan perizinan.

Menurutnya, sektor UMKM mesti dijaga karena masih menjadi urat nadi pertumbuhan dan ketahanan ekonomi Indonesia khususnya saat pandemi COVID-19.

“Ingat, UMKM merupakan soko guru ekonomi kerakyatan, bangsa dan negara Indonesia. UMKM memiliki kontribusi besar terhadap PDB Indonesia sebesar 61,07 persen atau senilai dengan Rp8.573,89 triliun," jelasnya.