Detik-detik Ustaz Abu Syahid Chaniago Diserang Orang Tak Dikenal

Tangkapan layar rekaman video yang memperlihatkan seorang ustaz bernama Abu Syahid Chaniago diserang oleh orang tak dikenal saat berceramah di Masjid Baitus Syakur, Batam, Kepulauan Riau.
Sumber :
  • Youtube

VIVA – Sebuah rekaman video viral, memperlihatkan seorang penceramah diserang orang tak dikenal (OTK) di Masjid Baitus Syakur, Batam, Kepulauan Riau. Penceramah yang diserang adalah Ustaz Abu Syahid Chaniago.

Tangkap Anggota KKB, Pos Satgas Operasi Damai Cartenz di Intan Jaya Papua Ditembaki

Seorang saksi yang juga jamaah pengajian, Ibu Tata dalam program Apa Kabar Indonesia Pagi tvOne, menceritakan detik-detik sang penceramah itu diserang oleh orang tak dikenal tersebut.

Dia mengatakan, pengajian itu rutin digelar pada setiap Senin dari jam 09.00 WIB pagi. Penceramah, jelas dia, biasanya mulai memberi tausiyah pada pukul 10.00 WIB hingga satu jam.

Top Trending: Bobon Santoso Tantang BEM UI hingga Warga Turki Tak Mengenal Nama Waktu Shalat

"Kejadiannya itu setelah jam 11 sudah mau selesai, itu ada laki-laki tidak kita kenal tahu-tahu masuk dan langusng menyerang ustaz," kata Tata, dalam keterangannya di tvOne, Selasa 21 September 2021.

Di masjid itu, ada dua sisi pintu. Pelaku datang dari arah pintu kanan masjid, jalan ke depan dan menyerang. Tata mengaku, pelaku sempat melakukan kekerasan pada ustaz tersebut. 

Tegas! Jawaban Ustaz Khalid Basalamah dan Buya Yahya soal Hukum Percaya pada Ramalan

"Ustaz bisa menangkis tapi ustaz terjatuh makanya kena di rahang atau pipi sebelah kiri (ustaz)," katanya.

Dia menjelaskan, tidak mengenal pelaku awalnya. Termasuk saat pengajian di awal mereka datang, pria pelaku tersebut tidak ada di masjid. 

Petugas di masjid itu, melihat awalnya pelaku berwudhu. Sehingga tidak ada kecurigaan apa-apa saat dia masuk. 

"Dikira orang ini mau salat seperti itu," katanya. Tapi tiba-tiba datang dan menyerang ustaz.

Tata juga tidak percaya kalau pelaku adalah orang dalam gangguan jiwa (ODGJ). Sebab kata dia, saat diintrogasi bahkan pelaku bisa menjawab soal asal dan apa yang dilakukannya di Batam.

"Saya nggak pernah lihat juga nggak pernah tahu. Tapi waktu ditanya dia dari Malaysia datang di Batam sudah 5 bulan seperti itu pelaku," katanya.

Tata juga mengaku, saat pelaku diinterogasi bahwa dia bekerja di salah satu bangunan dekat hotel yang ada di Batam. Beberapa pertanyaan dijawab, untuk itu dia kurang yakin kalau ada gangguan kejiwaan dalam diri pelaku.

"Kalau orang gila jelas tidak ada namanya pertanyaan yang bisa dijawab," katanya.

Sebagaimana dikutip dari akun Youtube ridha gaming, rekaman itu diberi keterangan judul "penyerangan ustadz abu syahid chaniago di masjid baitul syakur jodoh, batam" pada Senin, 20 September 2021.

Tampak dalam video berdurasi 0,32 detik itu, si penceramah berdiri menghadap jemaah pengajian. Kemudian tiba-tiba seseorang tak dikenal, tidak berpeci dan mengenakan celana jin, berlari ke arah Abu Syahid Chaniago dan berupaya memukul pria itu.

Beberapa detik sebelum itu Chaniago tampak melirik ke arah kanannya, seolah melihat ada seseorang yang mencurigakan. Chaniago segera berusaha menghindar ketika pria tak dikenal itu mencoba menyerangnya.

Kejadian itu membuat jamaah yang kebanyakan kalangan perempuan paruh baya serentak bangkit dan berteriak. Tidak dijelaskan peristiwa selanjutnya, namun tampak dalam video si pemuda tak dikenal telah ditangkap dan dipukuli oleh sejumlah wanita.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya