Standarisasi Keamanan Lapas, Ditjen PAS Gandeng ICITAP Amerika

Ditjen PAS gandeng ICITAP dari Amerika Serikat soal standarisasi keamanan lapas
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) Kementerian Hukum dan HAM menggandeng International Criminal Investigative Training Assistance Program (ICITAP) dari Amerika Serikat untuk melaksanakan pelatihan standar pengamanan dan tim tanggap darurat Regu Pengamanan Lapas Kelas I Surabaya.

Toyota Tarik Ratusan Ribu Unit Mobil Prius Hybrid di AS

Senior Corrections Adviser ICITAP Gene Langheld yang secara langsung mengisi pelatihan Standar Pengamanan dan Tim Tanggap Darurat. Pelatihan itu sendiri terdiri dari 3 gelombang mulai dari tanggal 20 September 2021 sampai 12 November 2021.

Pria yang pernah menjabat sebagai Kalapas di salah satu negara bagian Amerika Serikat tersebut mengatakan bahwa banyaknya permasalahan di lapas  Indonesia, sebenarnya juga terjadi di lapas Amerika. 

Palestina Kecam Veto AS yang Menghalangi Upaya Keanggotaan Penuh PBB

“Karena itu sebaik mungkin serap ilmu yang didapat dan bagikan sebanyak mungkin kepada rekan-rekan kerja. Saya yakin ini sangat membantu dalam bertugas,” kata Langheld.

Diharapkan dengan adanya pelatihan ini gangguan keamanan dalam lapas dapat diminimalisir atau dicegah, sehingga situasi lapas dapat terpantau aman dan kondusif.

AS Ngaku Sudah Tahu Israel Akan Serang Iran, Tapi Tidak Setuju

Sementara Kakanwil Jatim, Krismono mengingatkan ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam deteksi dini terhadap keamanan dan ketertiban di lapas. 

“Deteksi dini sangat penting karena dari fungsi intelijen, inilah kita bisa segera memetakan masalah dan mengantisipasi sedini mungkin segala gangguan yang akan terjadi,” ujarnya.

Baca juga: Jokowi Restui Aset Eks BLBI Disulap Jadi Lapas

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya