USU Luncurkan Layanan Kesehatan Online Bagi Pasien Isoman

Rektor USU Dr Muryanto Amin
Sumber :
  • VIVA/Putra Nasution

VIVA – Universitas Sumatera Utara (USU), meluncurkan platform layanan kesehatan jarak jauh (online) kepada penderita COVID-19 yang menjalani isolasi mandiri (isoman). Peluncuran layanan telemedicine ini dilakukan dalam acara puncak Dies Natalis ke-69 USU yang digelar secara hybrid, Selasa, 21 September 2021.

SNBP Tahun 2024, USU Terima 2.244 Mahasiswa Baru

Rektor USU Dr.Muryanto Amin mengatakan, telemedicine COVID-19 merupakan bentuk pengabdian masyarakat USU khususnya untuk membantu pasien COVID-19. Dengan layanan ini, pasien tidak perlu ke rumah sakit dan bisa berkonsultasi serta mendapatkan obat yang diantar langsung ke alamat mereka.

Muryanto menjelaskan, penderita COVID-19 tinggal mengakses laman rawatcovid-sumut.usu.ac.id untuk mendapatkan perawatan dan pengobatan. Program ini diharapkan bisa membantu masyarakat yang terpapar virus yang berawal menyebar di Wuhan, China itu.

Kapten Vincent Kena Flu Singapura Sampai Bernanah: Lebih Sengsara dari COVID!

“Program telemedicine COVID-19 merupakan hasil kolaborasi antara Pemko Medan, Pemprov Sumut, USU dan Ikatan Dokter Indonesia,” ujar mantan Dekan FISIP USU ini.

Telemedicine, imbuh rektor, juga merupakan bukti nyata keberhasilan kolaborasi antara pemerintah, perguruan tinggi dan komunitas. 

KPK Cecar Fadel Muhammad soal Dugaan Kasus Korupsi APD di Kemenkes RI

“Dengan berkolaborasi kita membuktikan bahwa kita dapat membuat program yang bisa langsung dirasakan masyarakat. Jadi telemedicine ini dampaknya sangat signifikan khususnya untuk menekan angka COVID-19,” ujarnya.

Peluncuran program telemedicine COVID-19 USU sendiri secara simbolis dilakukan oleh Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Rektor USU Dr Muryanto Amin dan Wali Kota Medan Bobby Nasution dalam perayaan puncak Dies Natalis Ke-69 USU dengan tema “Working Together To Protect Our Health Against COVID-19 Threats”.

Presiden Joko Widodo yang hadir memberi sambutan berharap USU memanfaatkan momentum dies natalis untuk memantapkan langkah internasionalisasi agar USU menjadi pusat pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, inovasi yang unggul.

Turut memberikan selamat kepada USU di antaranya Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim, stakeholder pemerintah dan para rektor universitas se-Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya