17 Pahlawan Indonesia dan Perannya Bagi Kemerdekaan Indonesia

Presiden Sukarno
Sumber :
  • VIVA.co.id/penasoekarno.wordpress.com

VIVA – Pahlawan Indonesia merupakan sebuah gelar penghargaan untuk orang-orang yang telah berkorban demi kemerdekaan negara Indonesia. Kemerdekaan negara Indonesia tidak akan pernah terlepas dari perjuangan para pahlawan ketika mengusir penjajah dari Tanah Air tercinta.

Israel-Iran Memanas, Erick Sebut Kontrak BUMN Pertahanan Naik 

Berkat jasa-jasa, perjuangan, dan semuanya, negara mengapresiasi para pejuang tersebut dengan sebutan pahlawan nasional. Terdapat banyak banyak pahlawan Indonesia, baik itu pahlawan pada masa penjajahan Belanda, Jepang, pahlawan revolusi, dan pahlawan di masa sesudah proklamasi.

Karena jasa-jasa yang mereka korbankan, Indonesia bisa merdeka dan menjadi bangsa yang berkembang serta lebih baik lagi sampai sekarang. Sebagai warna negara yang baik, kita diharuskan mengetahui pahlawan nasional atau pahlawan Indonesia yang telah memperjuangkan kemerdekaan.

Bantu Israel Tahan Serangan Teheran, Menlu Iran Temui Menlu Yordania

Nah, untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan karena pengabdian dan kerja keras mereka ketika memperjuangkan negara Indonesia. Berikut ini nama pahlawan Indonesia secara lengkap yang disadur dari berbagai sumber.

Lalu, Siapa Saja Pahlawan Indonesia?

Pemerintah Harus Antisipasi Kebijakan Ekonomi-Politik Imbas Perang Iran-Israel

Ir. Soekarno

Bung Karno didampingi Bung Hatta membaca naskah proklamasi 17 Agustus 1945

Photo :

Siapa yang tidak kenal dengan nama beliau, beliau adalah presiden pertama Republik Indonesia yang memiliki peran aktif sebagai proklamator kemerdekaan sekaligus pencetus dasar negara, yaitu Pancasila. Walaupun pernah menjadi tahanan politik di Bandung, Soekarno terkenal gigih dalam memperjuangkan kemerdekaan negara Indonesia.

Mohammad Hatta

Bung Hatta

Photo :

Pahlawan Indonesia yang sekaligus menjadi wakil presiden ini akrab dengan sebutan Bung Hatta. Beliau sangat berperan dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Bung Hatta memiliki semangat patriotism sejak muda, dan mulai aktif dalam kegiatan organisasi pergerakan nasional mendampingi Soekarno ketika melawan penjajah.

Jenderal Soedirman

VIVA Militer: Jenderal Besar Soedirman

Photo :
  • Wikipedia

Jenderal Soedirman bukan hanya tercatat sebagai Panglima Tentara dan Jenderal Republik Indonesia pertama, namun beliau juga merupakan yang termuda dalam sejarah. Ketika menginjak usia 31 tahun, beliau telah bergabung dengan para pahlawan kemerdekaan untuk mengusir para penjajah dari Belanda, Jepang, dan sekutu.

Pangeran Dipenogoro

Pangeran Dipenogoro

Photo :
  • Tangkapan Layar: YouTube

Pangeran Dipenogoro memiliki peranan penting ketika memimpin Perang Jawa yang terjadi selama lima tahun yang dimulai sejak 1825 sampai 1830. Perang ini memuncak di seluruh Jawa dan menjadi salah satu perang terbesar dalam sejarah melawan Belanda. Meskipun akhirnya Belanda menang, namun Belanda sempat kewalahan akibat gugurnya ribuan serdadu Belanda karena beliau.

R.A Kartini

kartini

Photo :
  • U-Report

Beliau adalah salah satu pahlawan wanita yang sangat berjasa dalam memperjuangkan kesetaraan hak kaum perempuan semasa hidupnya. Beliau memiliki latar belakang bangsawan tidak membuatnya tunduk kepada penguasa dan nilai-nilai yang konservatif. Bahkan Raden Adjeng Kartini disebut memelopori bangkitnya perempuan pribumi yang lebih moderat.

Tjoet Nyak Dien

Cut Nyak Dien

Photo :
  • Istimewa

Beliau adalah salah satu pahlawan yang berasal dari Aceh. Ketika Perang Aceh, Cut Nyak Dien turut berperan dengan memimpin rakyat Aceh dalam melawan Belanda. Karena gugurnya sang suami, Ibrahim Lamnga karena perang tersebut semakin menumbuhkan semangat Cut Nyak Dien untuk menghentikan penjajahan dari Belanda.

Raden Dewi Sartika

Raden Dewi Sartika.

Photo :
  • http://www.gomuda.com

Pahlawan Indonesia perempuan berikutnya adalah Raden Dewi Sartika yang juga menjadi perintis kemerdekaan wanita di Indonesia. Beliau menerima pendidikan sebagai keturunan ningrat yang kemudian menginspirasinya untuk turut memperjuangkan pendidikan terhadap rakyat pribumi dengan mendirikan sekolah khusus wanita.

Bung Tomo

Bung Tomo

Photo :
  • www.arsipjatim.go.id

Nama Bung Tomo tidak akan pernah terlepas dari pertumpahan darah yang terjadi di Surabaya pada 10 November 1945 yang saat ini diperingati sebagai Hari Pahlawan Nasional. Pahlawan Pejuang Kemerdekaan ini telah memegang komando ketika melawan kembali tentara Nederlandsch Indie Civil Administratie atau NICA. Beliau mempunyai semboyan khas yaitu “Merdeka atau Mati”.

Tan Malaka

Tan Malaka, aktivis kemerdekaan Indonesia, filsuf kiri, pemimpin Partai Komunis Indonesia.

Photo :
  • Dody Handoko

Sejak tanggal 23 Maret 1963, Presiden Soekarno menetapkan Tan Malaka sebagai Pahlawan Nasional lewat Keputusan Presiden No. 53 Tahun 1963. Pada mulanya, beliau adalah salah satu pahlawan yang dilupakan jasanya, padahal cukup berperan besar dalam melawan Belanda.

Mohammad Yamin

Mohammad Yamin

Photo :
  • Tangkapan Layar: YouTube

Beliau dikenal sebagai sosok yang merumuskan Sumpah Pemuda di Kongres Pemuda II dan juga dikenal sebagai aktivis dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. Mohammad Yamin turut berperan dalam merumuskan dasar negara melalui Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPKI).

Ki Hadjar Dewantara

Ki Hajar Dewantara.

Photo :
  • http://www.uniknya.com/

Beliau adalah salah satu pahlawan Indonesia dalam memperjuangkan pendidikan. Semasa hidupnya, Ki Hadjar Dewantara juga menjadi aktivis pergerakan kemerdekaan Indonesia. Beliau memiliki jasa mulia dengan mendirikan Perguruan Taman Siswa untuk memberikan pendidikan bagi kaum pribumi dalam mengenyam pendidikan.

Abdul Haris Nasution

VIVA Militer: Foto Keluarga Jenderal Besar TNI Abdul Haris Nasution

Photo :
  • Youtube

Abdul Haris Nasution terkenal sebagai pengusung perang gerilya ketika perang melawan Belanda yang terdapat dalam buku berjudul “Strategy of Guerrilla Warfare”. Beliau berkiprah sebagai tentara dan berjuang melawan penjajah sampai akhirnya diberikan gelar Pahlawan Nasional pada 5 Oktober 1997, ketika ulang tahun ABRI.

Sultan Hasanuddin

Sultan Hasanuddin

Photo :
  • Tangkapan Layar: YouTube

Sultan Hasanuddin terkenal sebagai Ayam Jantan dari Timur dan juga sebagai salah satu pahlawan Indonesia yang berasal dari Sulawesi Selatan. Ketika naik takhta menjadi seorang sultan di Kerajaan Gowa, beliau berusaha untuk menggabungkan kerajaan-kerajaan kecil di Indonesia Timur. Beliau juga memberikan perlawanan sengit terhadap pihak Kompeni Belanda.

Kapitan Pattimura

Kapitan Pattimura

Photo :
  • Tangkapan Layar: YouTube

Kapitan Pattimura merupakan pahlawan Indonesia yang memiliki peran sebagai panglima perang ketika perang rakyat Maluku melawan tentara VOC. Karena memiliki kewibawaan dan kepemimpinannya yang kuat, beliau berhasil menyatukan dua kerajaan yaitu Ternate dan Tidore guna menghadapi penjajah tahun 1817.

Sutan Syahrir

Sutan Syahrir

Photo :
  • Tangkapan Layar: YouTube

Beliau merupakan mantan pernada Menteri Indonesia yang tidak luput dari perjuangan kemerdekaan Indonesia. Sutan Syahrir adalah pahlawan Indonesia yang terkenal sebagai orang yang mengorganisasi kemerdekaan. Ketika pendudukan Jepang, beliau turut mempersiapkan guna merebut kemerdekaan tanpa bekerja sama dengan Jepang.

Mohammad Natsir

Mohammad Natsir.

Photo :
  • U-Report

Mohammad Natsir merupakan salah seorang aktivis pemikir Islam yang pernah aktif sebagai Ketua Majelis Syuro Muslimin Indonesia atau Masyumi. Beliau beperan aktif dalam pergerakan nasional ketika menempuh pendidikan di Meer Uitgerbreid Lager Onderwijs (MULO) yang setara dengan SMP pada masa penjajahan Belanda.

Adam Malik

Adam Malik

Photo :
  • Tangkapan Layar: YouTube

Beliau mengawali kariernya sebagai wartawan dan juga aktif berperan dalam pergerakan nasional untuk kemerdekaan Indonesia. Dalam perjalanan kariernya, beliau pernah menjadi wakil presiden ke-3 sebelum menjabat ketua parlemen. Adam Malik Batubara kemudian diberikan gelar Pahlawan Nasional pada 1998 lalu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya