Diduga Jadi Pemasok Senjata ke KKB, ASN Yahukimo Ditangkap

Oknum ASN Yahukimo ditangkap diduga menyuplai senjata ke KKB
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Satgas Nemangkawi berhasil mengrebek salah satu rumah di jalur 1 bawah kompleks ambruk kota dekai, Kabupaten Yahukimo dan berhasil mengamankan sejumlah barang bukti amunisi dan magasin serta senjata tajam lainnya dan atribut KNPB yang diduga akan disuplai oleh pelaku ke kelompok kriminal bersenjata KKB wilayah Yahukimo.

Baliho Dukungan Sekda Jadi Bupati Tangerang Bertebaran, Begini Aturan ASN-nya

Waka Ops II Nemangkawi Papua, Kombes Pol Muhammad Firman mengatakan, Satgas Nemangkawi melakukan penggerebekan yang mana berawal dari laporan masyarakat bahwa, ada sebuah truk dinas berplat merah milik Pemda Yahukimo yang dicurigai oleh masyarakat membawa muatan sekelompok orang dan sejumlah barang bukti.

“Setelah Tim OPS Nemangkawi memeriksa keberadaan truk tersebut, ditemukan sekelompok orang dengan barang bukti di dalam bak truk, dan langsung diamankan bersama dengan sopir truk yang merupakan oknum ASN Pemkab Yahukimo berinisial ES ke Mako Polres Yahukimo untuk dilakukan pemeriksaan,” kata Firman dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 23 September 2021.

Menkominfo Budi Arie Bersiap Ngantor di IKN Juli 2024

Dari pengembangan pemeriksaan terhadap sopir truk yang merupakan Oknum ASN Pemkab. Yahukimo berinisial ES itu, Tim Ops Nemangkawi Kembali melakukan penggerebekan sebuah rumah yang diduga merupakan tempat persembunyian sejumlah barang bukti.

Terdapat 28 jenis barang bukti yang disita, di antaranya 26 butir amunisi 5,6 5TJ, 8 butir amunisi 38 SPC, 1 magasin M-16, 1 pasang pakaian loreng KNPB (Komite Nasional Papua Barat), sejumlah senjata tajam, laptop, busur, HT ICO, Radio Rig (Kenwood), Printer Espon L360, PC Toshiba, komputer Lenovo.

Cegah Kecurangan dalam Seleksi ASN, Menpan-RB Siapkan Teknologi Face Recognition

"Selain oknum ASN Pemkab Yahukimo berinisial ES itu juga diketahui menyimpan amunisi dan magasin 5.56," kata dia.

Sebelumnya pada 27 Agustus 2021, tim Satgas Nemangkawi juga mengamankan satu orang Oknum ASN Pemkab Yahukimo yang juga merupakan Camat atau Kepala Distrik yang berinisial EB dan 15 orang lainnya yang diduga merupakan simpatisan KNPB dan KKB wilayah Yahukimo.

Dari 15 orang tersebut, tim Satgas Nemangkawi mengungkap 5 diantaranya yang merupakan DPO Polres Yahukimo atas serangkaian pembunuhan sadis di Kabupaten Yahukimo beberapa waktu lalu yang mengakibatkan masyarakat sipil dan anggota Polri Maupun TNI meninggal dunia.

Kemudian pada tanggal 23 Agustus 2021 juga, tim Satgas Nemangkawi berhasil membebaskan karyawan Pt. Indo Papua yang disandera oleh KKB Wilayah Dekai Kabupaten Yahukimo-Papua.

Firman menambahkan, segala upaya penegakan hukum terhadap KKB yang selalu mengganggu stabilitas keamanan di Kabupaten Yahukimo terus dilakukan.

KKB Yahukima dikenal sebagai kelompok pembunuhan secara sadis, dipimpin Ananias Yalak atau dikenal dengan sebutan Senat Soll. "Senat Soll berhasil diamankan oleh Tim Ops Nemangkawi pada 2 September 2021," kata Firman.

Baca juga: TNI Evakuasi Guru Korban KKB yang Puluhan Tahun Mengajar di Kiwirok

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya