Puluhan Wanita Terjaring Razia Busana Ketat di Aceh Barat

Petugas Wilayatul Hisbah memberikan nasihat kepada seorang pelanggar syariat Islam yang terjaring razia busana ketat dan tidak islami di depan Kantor Bupati Aceh Barat di Meulaboh, Provinsi Aceh, Rabu, 22 September 2021.
Sumber :
  • ANTARA/Teuku Dedi Iskandar

VIVA – Petugas polisi syariat Wilayatul Hisbah menjaring puluhan pengguna jalan karena kedapatan berbusana ketat dan tidak islami dalam operasi yang digelar tim gabungan di depan Kantor Bupati Aceh Barat di Meulaboh.

Puluhan Ribu Pengendara Motor Kena Tilang Gara-gara Benda Ini

"Ada sekitar 30-an warga yang terjaring, semuanya memakai busana ketat, sedangkan pelanggar dari pria memakai celana pendek," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Satpol PP WH Kabupaten Aceh Barat Dodi Bima Saputra di Meulaboh, Rabu, 22 September 2021.

Ia mengatakan razia itu dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan syiar Islam, sekaligus menegakkan penerapan syariat Islam yang berlaku di Aceh sesuai dengan Qanun (Perda) Nomor 6 Tahun 2014 tentang Hukum Jinayat, termasuk Undang-Undang Penerapan Syariat Islam di Aceh.

Alamak! 3 Pasangan Mesum Dirazia Satpol PP di Kamar Kos Siang Hari Ramadhan

Dodi mengatakan sebagian besar pelanggar syariat Islam yang terjaring razia, berasal dari warga luar Aceh Barat terdiri atas kaum laki-laki dan perempuan.

Menurut dia, setiap pelanggar juga turut mendapatkan pembinaan dari petugas WH, dan diberikan nasihat agar ke depan tidak lagi mengulangi perbuatan yang sama.

Marak Tawuran, Polisi: Anak Kedapatan Bawa Sajam Ada Sanksi Pidana

"Untuk sementara, bagi pelanggar yang terjaring ini kita lakukan pembinaan, mereka tidak dikenakan sanksi hukuman cambuk," katanya.

Ia menegaskan razia itu dilakukan sebagai upaya untuk menegakkan penerapan syariat Islam yang sudah berlaku lama di Aceh, sekaligus sebagai upaya pemerintah daerah dalam menertibkan masyarakat yang berbusana tidak sopan saat beraktivitas di luar rumah. (ant)

Pelaku yang diamankan Polda Jateng hasil Operasi Pekat Candi 2024 bulan Ramadhan

Waduh, Polda Jateng Amankan 1.904 Pelaku Perzinahan Selama Ramadhan

1.904 pelaku perzinahan yang diamankan itu hasil razia di 812 lokasi. Ribuan pelaku yang diamankan berkat Operasi Pekat Candi 2024.

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024