Blusukan ke Kampung Jokowi, Airlangga Didoakan Warga Jadi Presiden

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.
Sumber :
  • Fajar Sodiq/VIVA.

VIVA – Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto blusukan di salah satu kampung di Kota Solo. Dalam kesempatan itu, dia menemui para pelaku Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM), terdapat warga yang meneriaki Ketua Umum Partai Golkar itu sebagai calon presiden 2024.

Airlangga Hartarto blusukan di Kampung Jayengan, Kecamatan Serengan, Solo dalam rangka meninjau sejumlah UMKM yang sedang menggelar pameran di gang sempit itu. Ia pun menyapa sejumlah pelaku UMKM itu di antaranya penjual roti bakar, burger double, ledre, minunan jamu dan lainnya. Dia pun tampak mencicipi roti bakar yang disajikan sang penjual.

Di sela-sela menyapa satu per satu pelaku UMKM yang menggelar dagangannya itu, terdapat dua orang warga di kampung tersebut yang ingin berfoto dengannya. Airlangga pun menuruti permintaan mereka untuk berfoto bersama. Warga itu pun teriak mendoakan agar Ketua Umum Partai Golkar itu bisa menjadi Presiden pada 2024 nanti.

“Semoga menjadi Presiden,” teriak warga RT 3 RW 8 Kampung Jayengan yang diketahui bernama Ida Armala.

Mendengar teriakan itu Airlangga hanya tersenyum dan melanjutkan untuk meninjau para pelaku UMKM yang tergabung dalam wadah UMKM usAHA. Kehadirannnya dalam acara tersebut lantaran ia juga menjabat sebagai dewan pembina UMKM usAHA.

Baca juga: Yusril Bakal Gugat AD/ART Partai Demokrat ke Mahkamah Agung

Ida sendiri mengaku mengetahui jika Airlangga itu calon presiden karena usai berfoto bersama itu terdapat salah satu orang dalam rombongan menko perekonomian itu memperkenalkan bahwa Ketua Umum Partai Golkar itu sebagai calon presiden. Setelah ditelisik ternyata orang yang mendampingi menko tersebut adalah Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita.

“Itu pak menteri ekonomi. Insya Allah capres,” kata Agus kepada Ida.

Ketika dikonfirmasi Agus Gumiwang enggan membicarakan masalah tersebut. “Wah enggak usah kita bicarakan lah. Masak nanyanya ke saya,”ujarnya.

Lantas, ketika ditanya mengenai acara kunjungan Airlangga ke Kampung Jayengan, Agus menjelaskan kedatangannya ke sini lantaran diminta untuk menjadi pembina UMKM usAHA.

“Ini kick off kegiatan perdana, kegiatan awal UMKM usAHA. Di mana teman-teman dari UMKM usAHA mulai di Solo. Nanti tentu kita lihat lagi daerah-daerah mana saja,” kata dia.

Sementara itu itu Airlangga usai blusukan mengaku kegiatannya pada hari ini hanya meninjau UMKM di Solo. Apalagi adanya pandemi COVID-19 menyebabkan sejumlah pelaku UMKM terkena dampaknya.

“Kami mampir saja, ada kegiatan yang dilakukan masyarakat namanya kelompok UMKM usAHA di mana UMKM ini sudah punya ribuan binaan. Oleh karena itu saya lihat di lapangannya, anggotanya siapa saja dan kebutuhannya seperti apa,” kata dia.

“Terutama di masa pandemi banyak testimoni yang mengatakan hampir sama sama di beberapa daerah termasuk Solo. Akibat pandemi COVID-19 turun sampai 50 persen dan sekarang situasi sudah terkendali. Mudah-mudahan usaha bisa bangkit kembali,” tambahnya.

Selanjutnya, Airlangga mengungkapkan pemerintah sudah memiliki program kredit usaha rakyat (KUR) untuk membantu permodalan para pelaku UMKM.  

“Pemerintah kan sudah punya KUR, super mikro, sampai Rp500 juta yang di bawah Rp100 juta tanpa agunan bunga 3 persen dan sisanya ditanggung Pemerintah,” jelasnya.

Sedangkan Ida Armala, ketika ditanyai mengenai teriakan dukungan sebagai calon presiden kepada Airlangga, menjelaskan bahwa sosok Ketua Umum Partai Golkar itu sangat peduli dengan para pelaku UMKM. Buktinya, ia bisa hadir secara langsung untuk meninjau usaha yang dilakukan tetangganya itu.

“Beliau meninjau tetangga saya yang pelaku UMKM tapi usaha dagangannya kecil-kecil.  Doanya nanti supaya bisa diusung menjadi Presiden,” harapnya.