Puan: Antisipasi Lonjakan COVID-19 pada Momen Akhir Tahun

Ketua DPR Puan Maharani bersama Kapolri dan Panglima TNI.
Sumber :
  • Dok. DPR.

VIVA - Ketua DPR, Puan Maharani, mengingatkan pemerintah untuk mempercepat pelaksanaan program vaksinasi COVID-19. Percepatan vaksinasi perlu dilakukan untuk mengendalikan dampak potensi penularan COVID-19, terutama pada momen liburan akhir tahun.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

“Sebentar lagi juga akan ada perayaan tahun baru, Natal. Pengalaman kita di acara hari raya besar, meski sudah ada pembatasan mobilitas, tetap saja terjadi arus warga yang signifikan. Akibatnya terjadi lonjakan kasus,” kata Puan di Jakarta, Kamis, 23 September 2021.

Oleh karenanya, kata Puan, vaksinasi harus terus digenjot di samping penerapan protokol kesehatan yang tidak boleh kendor.

PDIP Harus Ambil Langkah Taktis jadi Oposisi Prabowo, Jangan Tersandera Hak Angket

“Kita tahu, wilayah ini (Jabodetabek) paling tinggi mobilitas penduduknya, apalagi dengan mulai dibukanya aktivitas ekonomi dan sosial masyarakat,” kata Puan.

Dia menyebut percepatan vaksinasi di wilayah aglomerasi perlu dilakukan mengingat berdasarkan data Kementerian Kesehatan dan Satgas Penanganan COVID-19, salah satu sumber besar penularan Corona diakibatkan oleh mobilitas penduduk.

Fadli Zon Sebut Perang Iran-Israel Berpotensi Meluas dan Picu Perang Dunia III

“Karena itu, percepatan vaksin untuk wilayah ini harus terus digenjot sebagai antisipasi dari sisi hulu,” tegasnya.

Perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR tersebut meminta semua pihak mewaspadai potensi terjadinya gelombang ketiga COVID-19 akibat libur akhir tahun. Puan menyebut jangan sampai terulang lagi lonjakan kasus Corona seperti Juni-Agustus lalu.

“Maka sebelum bulan Desember, Jabodetabek sebagai wilayah yang mobilitas penduduknya sangat tinggi, harus sudah mencapai kekebalan komunal,” tutur mantan Menko PMK itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya