Airlangga Dinilai Layak Dapat Penghargaan Priyardarshni Academy

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.
Sumber :
  • Dokumentasi Kemenko Ekonomi.

VIVA - Peneliti senior Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), Saidiman Ahmad, menilai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, layak mendapatkan penghargaan Priyadarshni Academy Global Award dari India. Alasannya, kondisi ekonomi tanah air pulih yang sebelumnya mengalami resesi.

Film 13 Bom Raih Penghargaan Internasional, Sutradara Angga Sasongko Bangga

"Jadi positif 7 persen, menurut saya itu prestasi," kata Saidiman saat dihubungi, Jumat, 24 September 2021.

Kedua, lanjut Saidiman, pemulihan COVID-19. Dia mengatakan awalnya, masyarakat khawatir kondisi di tanah air akan sama seperti di India.

Asia Business Council, Menko Airlangga Yakinkan Komitmen Indonesia Mempercepat Pembangunan Ekonomi

"Ternyata tidak, itu berhasil diatasi. Tentu saja tidak sempurna tapi relatif terkendali. Dibuka zona PPKM level 3," kata dia lagi.

Baca juga: Dinilai Sukses Genjot PEN, Airlangga Raih Priyadarshni Award India

Soal Konflik Israel-Iran, Airlangga Cermati Dampak ke Sektor Logistik Minyak Mentah Dunia

Bagi Saidiman, semua itu merupakan prestasi bagi Airlangga. Oleh karena itu, Ketua Umum Partai Golkar sekaligus Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) itu layak dihargai.

"Dengan segala kekurangannya, kekhawatiran orang, pesimisme, dijawab dengan baik. Baik dari sisi ekonomi maupun penanganan kesehatan, walaupun vaksinasi belum maksimal, kasus postif turun dan kita tidak meledak," katanya.

Saidiman mengatakan salah satu kebijakan dari pemerintah termasuk Airlangga yang menonjol adalah soal PPKM yang dilakukan secara bertahap. Selama pandemi, kata dia, masyarakat punya dua persoalan yaitu kesehatan terpenuhi, dan ekonomi harus jalan.

"Kebijakan yang diambil tidak saklek misalnya lockdown. Kita tidak seperti negara-negara maju, yang menerapkan lockdown, kebutuhan ekonomi publik dipenuhi," ujarnya.

Saidiman menambahkan kebijakan yang diambil sesuai dengan kondisi bangsa Indonesia. Aktiviats warga dibatasi, namun pada saat yang sama ekonomi tetap jalan.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dianugerahi Priyadarshni Academy Global Award karena kontribusinya yang besar dalam Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) terdampak COVID-19. Penghargaan itu diberikan pada pelaksanaan the 37th Anniversary Global Awards Function secara virtual kemarin.

Airlangga dinilai sebagai tokoh Indonesia yang memberikan kontribusi besar dalam pemulihan ekonomi nasional dan penanganan COVID-19. Tidak hanya di Indonesia, tapi, juga berkontribusi kepada India.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya