Laporkan Haris Azhar-Fatia, Luhut Diperiksa Polisi Pekan Depan

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan.
Sumber :
  • VIVA/Dusep Malik

VIVA – Juniver Girsang yang merupakan kuasa hukum Menko Bidang Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bahwa Luhut akan menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya pekan depan. Namun terkait kepastian waktunya, Juniver tidak merinci. Dia mengatakan masih mengatur dengan jadwal yang dimiliki Luhut.

Kalau Mau Damai, Atalarik Syach Kasih Syarat Ini ke Tsania Marwa

Luhut akan dimintai keterangan oleh penyidik terkait laporannya terhadap Direktur Lokataru Haris Azhar dan Koordinator KontraS Fatia Maulidiyanti.

"Rencana pemeriksaan untuk pembuatan BAP minggu depan. Tinggal waktunya yang akan kami pastikan karena sudah ada pemberitahuan dari polisi. Jadi kami akan mengatur waktu bisa senin, selasa lihat jadwalnya," kata Juniver kepada wartawan Minggu 26 September 2021

Luhut Sebut Apple Juga Sangat Tertarik Investasi di IKN

Pihak Kepolisian kata Juniver telah menyampaikan pemberitahuan untuk pemeriksaan tersebut. Pihaknya juga mengklaim sudah menyiapkan semua yang berkaitan dengan pemeriksaan itu

"Ya sudah ada pemberitahuan kepada kita untuk mempersiapkan dokumen dan kemudian mempersiapkan diri untuk melakukan pemeriksaan. Tentu karena kami yang membuat laporan bahkan sebelum membuat laporan juga kami sudah siap," kata dia.

PYCH Binaan BIN Buat Kegiatan Rutin di Papua: Pengembangan Wisata hingga Usaha

Pihaknya menyatakan telah siap dengan berbagai macam bukti untuk memperkuat laporannya. 

"Itu rahasia kami, nanti kewenangan penyidik itu. Jadi biarkan proses yang berjalan nanti di Kepolisian kami serahkan apa yang menjadi bukti daripada laporan kami ini," ujarnya soal rencana bukti yang akan mereka serahkan ke polisi.

Namun salah satu yang sudah pasti akan dibawa adalah rekaman video yang diucapkan pihak terlapor. "Ya bukan itu (video) saja, beberapa dokumen yang mendukung terhadap laporan kami," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan bahwa Direktur Lokataru, Haris Azhar dilaporkan ke Polda Metro Jaya, Rabu 22 September 2021 atas dugaan telah menyebarkan fitnah dan berita bohong alias hoax.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan yang melaporkan itu atas tudingan pencemaran nama baik. Selain Haris, Luhut melaporkan Koordinator KontraS, Fatia Maulidiyanti. Dia juga dipolisikan terkait dugaan yang sama dengan Haris. Keduanya dalam konten YouTube Haris Azhar sempat menyinggung soal kepemilikan dan keterlibatan Luhut dalam bisnis tambang di Papua.

"Sekarang kita ambil jalur hukum. Jadi saya pidanakan dan perdatakan," ujar Luhut di markas Polda Metro Jaya, Rabu 22 September 2021.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya