Gaspol, Irjen Iqbal Kerahkan Seluruh Kombes Sukseskan Superbike

Kapolda NTB Irjen M Iqbal tengah memberikan arahan ke jajarannya
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB) Irjen Pol Mohammad Iqbal menurunkan para pejabat utama Polda NTB agar mempercepat vaksinasi, khususnya di wilayah Lombok Tengah yang nantinya akan menghelat World Superbike 2021.

Heboh Kasus Korupsi Rp3.000 T dari Rafael Alun yang Mengalir ke 25 Artis, Begini Faktanya

Para pejabat utama berpangkat Komisaris Besar (Kombes) didampingi para pejabat dari Komando Resor Militer (Korem) 162 Wira Bakti ini diperintahkan agar turun ke Polsek-polsek untuk mencapai target harian 40.018 vaksinasi per hari dilaksanakan dengan baik. 

"Ini adalah bukti kami tidak main-main soal percepatan vaksinasi ini. Saya tahu kemampuan leadership pejabat utama saya dan mereka pernah menjadi pejabat setingkat polsek bahkan hampir semua pernah jadi Kapolres sebelum berpangkat kombes," kata Iqbal dalam keterangannya, Senin, 27 September 2021.

Bawaslu Didesak Panggil Pj Gubernur NTB Terkait Dugaan Pelanggaran Netralitas ASN

Eks Kadiv Humas Polri menilai para perwira menengah berpangkat melati tiga itu pasti bisa memetakan kebutuhan setiap wilayah berdasarkan pendekatan kultur masyarakatnya. Mereka juga memiliki pengalaman untuk melibatkan berbagai elemen yang ada, seperti tokoh masyarakat, pemuka agama, organisasi kepemudaan, kecamatan, kelurahan, bahkan entitas terkecil sekalipun, yakni kepala desa dan RT. 

"Mereka pasti akan menerapkan manajemen yang serius, kreatif, dan tepat sasaran dengan sentuhan kemanusiaan yang humanis pada masyarakat. Dengan begitu, masyarakat pun antusias untuk ikut vaksinasi. Masyarakat jadi ingin berpartisipasi menyukseskan vaksinasi ini," kata Iqbal.

Bawaslu Sebut Bansos dan Penggantian Pejabat Daerah Jadi Aspek Pengawasan Pilkada 2024

Eks Wakapolda Jawa Timur itu juga menginginkan herd immunity sebagai syarat pelaksanaan World Superbike 2021 bisa rampung pada Oktober mendatang.

Bahkan, ia ingin sebanyak 70 persen penduduk Lombok Tengah atau 767.700 orang tervaksin pada 5 Oktober sebagai kado HUT TNI.

"Jadi ini adalah kado terindah dari kami dan masyarakat NTB kepada TNI di hari lahir institusinya," kata mantan Wakapolda Jawa Timur itu. 

Kabid Humas Polda NTB Kombes Artanto mengatakan Kapolda NTB, selain membuat Batalion Vaksinator, juga telah membentuk Satgas Kombes untuk mempercepat vaksinasi di Lombok Tengah. Setiap perwira menengah di Polda NTB ditugasi ke polsek. 

"Sebagai catatan, bukan hanya namanya saja mereka bertanggung jawab atas polsek. Tetapi fisik, tenaga, kreatifitas dan pikirannya juga turun ke sana. Bisa dilihat mereka berkantor di polsek," kata Artanto. 

Artanto mengatakan dirinya mendapat tugas untuk membantu Polsek Kopang. Di wilayah Kecamatan Kopang, mantan Kabagbinops Roops Polda Jateng itu bersama Direktur Intelkam Kombes Sutrisno dan Kapenrem 162/WB Kapten Inf Asep Okinawa Muas. 

Di Kecamatan Pujut, terdapat Direktur Reserse Kriminal Umum Kombes Hari Brata, Direktur Lalu Lintas Kombes Djoni Widodo, dan Kasi Pers Kasrem 162/WB Kolonel Rudi Priyanto. 

Di Kecamatan Jonggat, perwira yang bertanggung jawab dalam percepatan vaksinasi ialah Direktur Reserse Kriminal Khusus Kombes I.G.P.G Ekawana, Kabid Keuangan AKBP Taharudin, dan Pasi Binwanwil Siter Rem 162/WB Mayor Inf I Gede Nariada. 

Sementara di Kecamatan Janapria, Polda NTB menugasi Direktur Polairud Kombes Kobul Syahrin dan Direktur Tahti AKBP Rifai. Kasi Intel Kasrem 162/WB Kolonel Inf Setiya Asmara mewakili Korem 162/WB. 

Di Kecamatan Praya, terdapat Direktur Samapta Kombes Frido Situmorang, Kepala SPKT Kompol I Ketut Suastika, dan Kasi Ren Kasrem 162/WB Kolonel Arh Joko Purnomo.

Di Kecamatan Pringgarata, penanggung jawabnya ialah Direktur Pamobvit Kombes Turmudi, Wadir Samapta AKBP Wahid Kurniawan, dan Plh Dandenpal I Ketut Sudiantara.

Di Kecamatan Praya Barat, terdapat Direktur Binmas Kombes Dessy Ismail, Auditor Madya Itwasda Kombes Doddy Hermawan, dan Kasi Log Kasrem 162/WB Letkol Inf Fajar Ali Nugraha. 

Sementara di Kecamatan Praya Barat Daya, ditugasi Karo SDM Kombes Satria Yusada, Wadir Pamobvit AKBP R Deky Subagio, dan Dan Bek Ang IX-44-02 Letkol Cba Budi Sudarmanto. 

Untuk Kecamatan Batukliang Utara, penanggung jawabnya ialah Karo Logistik Kombes Beny Basir Warmansyah, Wadir Polairud AKBP Sigit Hari Wibowo, Ka Ajenrem 162/WB Mayor Caj Luther Bangun.

Di Kecamatan Praya Timur, ada Kabid Hukum Kombes Abdul Azas, Kasubdit IV Dit Reskrimsus Kompol Didik Putra Kuncoro, dan Dan Den Pom IX/2 Mayor Cpm Akhmad Khotib Hari Utomo.

Sementara itu Kecamatan Praya Tengah, pelaksana percepatan vaksinasi diberikan kepada Kabid TIK Kombes Yayan Hartadi, Panit 1 Unit 1 Subdit IV Dit Reskrimsus AKP I Putu Agus Indra, dan Dan Den Hubrem 162/WB Letkol Chb I Nengah Jana.

Terakhir di Kecamatan Batukliang, penanggungjawabnya ialah Kabag Bin Ops Ditreskrimum AKBP Putu Bagiartana, Kasubdit Waster Dit Pamobvit AKBP Wasis Mukti Wibowo, dan Pasi Komsos Siter Rem 162/WB Mayor Inf Mohammad Zakaria.

Baca juga: Ada Superbike, Kapolri Minta Vaksinasi di NTB Dikebut

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya