Bantu Pemerintah Capai Herd Immunity, Gresik Digempur Vaksinasi

Serbuan vaksinasi massal digelar di Gresik, Jawa Timur
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Organisasi kemanusiaan Perempuan Jenggala bersama PT Olam Indonesia berkolaborasi dengan Komando Armada II TNI AL dan Rumah Sakit Pusat Angkatan Laut serta Pemerintah Kabupaten Gersik melakukan vaksinasi dosis pertama. Vaksinasi dilakukan untuk gotong royong membantu pemerintah mencapai kehidupan yang normal.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Ketua Umum Perempuan Jenggala Vicky W Kartiwa mengatakan, vaksinasi di Kabupaten Gersik menjadi vaksinasi ke-9 dari rangkaian program vaksinasi Jelajah Nusantara mulai dari Cirebon, Tangerang, DIY Yogyakarta, Lampung, Medan, Makassar, Kolaka, dan Palu. 

Vicky menyebut, meski saat ini vaksinasi di Indonesia masuk dalam peringkat keenam di dunia, namun perlu dilakukan untuk terus membantu pemerintah meningkatkan kekebalan komunitas atau herd immunity

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

"Kabar baik telah disampaikan Presiden Joko Widodo vaksinasi di Indonesia masuk ke-6 terbanyak di dunia. Ini berkat kerja keras semua pihak baik partisipasi aktif masyarakat maupun vaksinator," kata Vicky dalam keterangan tertulis, Minggu, 26 September 2021.

Dia yakin dengan gerakan vaksinasi yang terus digelorakan semua pihak akan dapat memberikan respon positif kehidupan masyarakat baik ekonomi, pendidikan, dan politik di kehidupan masyarakat. 

PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

"Meski saat ini masih PPKM Level 3 tapi pembukaan sekolah, mal, bioskop itu bukti bahwa ada hasil dari upaya vaksinasi," jelasnya.

Ketua Satgas Vaksinasi Covid-19 RSPAL dr Ramelan, Kolonel dr Agus Widodo mengatakan vaksinasi di Gresik menggunakan vaksin Sinovac dan menyediakan dosis satu dan dua. Sekitar 1.500 dosis vaksin sinovac diberikan kepada masyarakat dengan dibantu oleh 40 tenaga kesehatan dari RSPAL dr Ramelan. 

"Terima kasih atas kerjasama Perempuan Jenggala dalam serbuan vaksin RSPAL dr Ramelan dalam rangka HUT TNI di Gresik. Giat vaksinasi ini mendukung program pemerintah dalam percepatan vaksinasi dan penanggulangan COVID-19. Kolaborasi bersama ini menunjukkan tekad kita bersatu, berjuang melawan pandemi COVID-19 dan kita pasti menang," kata Agus. 

Sementara itu, Country Head PT Olam Indonesia Ramakrishna Prasad mengatakan bahwa PT Olam Indonesia bersama jaringannya berkomitmen bersama jaringan berkomitmen memberikan bantuan langsung dengan melakukan percepatan vaksinasi di beberapa kota di Indonesia. 

Dia berharap program pemerintah mencapai vaksinasi 70 persen pada akhir tahun dapat tercapai untuk mencapai kekebalan komunal/herd immunity.

“Dalam rangka memperjuangan Indonesia agar pulih dari pandemi kami hadir di masyarakat. Kami akan kembali menggelar di Bandung, Pola Sera Ambon," katanya.

Baca juga: Ada Destinasi Borobudur, Angka Vaksinasi di Magelang Malah Terendah

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya