Penyerang Ustaz Chaniago Tersangka, Motif: Tak Suka Ceramah Keagamaan

Tangkapan layar rekaman video yang memperlihatkan seorang ustaz bernama Abu Syahid Chaniago diserang oleh orang tak dikenal saat berceramah di Masjid Baitus Syakur, Batam, Kepulauan Riau.
Sumber :
  • Youtube

VIVA – Penyerang Ustaz Abu Syahid Chaniago saat ceramah di Masjid Baitus Syakur, Batam, Kepulauan Riau ditetapkan jadi tersangka. Pria berinisial H itu dipastikan tidak dalam gangguan jiwa saat melakukan aksinya.

Top Trending: Rumah Mewah Mantan Panglima TNI Hingga Habib Bahar Gombalin Pelayan Restoran

"Dari hasil pemeriksaan dokter spesialis kejiwaan RSBP Batam menyimpulkan bahwa perilaku pelanggaran hukum tidak disebabkan oleh gangguan kejiwaan dan direkomendasikan kasus hukum tersangka bisa dilanjutkan," ujar Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Kepulauan Riau, Komisaris Besar Polisi Harry Goldenhart, saat dikonfirmasi, Senin 27 September 2021. 

Polisi mengklaim sebelum menetapkan H jadi tersangka, pihaknya memeriksa dokter yang pernah merawatnya di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Aceh. Pelaku dinyatakan kini sembuh secara klinis. 

Polda Metro Jaya Dalami Soal Laporan Dugaan Penistaan Agama Pendeta Gilbert

"Tinggal minum obat saja," katanya.

Motif H melakukan aksinya itu lantaran tidak suka dengan kegiatan ceramah keagamaan. Namun, dirinya tidak menguak alasan H tidak suka ceramah keagamaan. Hal itu masih didalami penyidik. 

Ceramahnya Dituding Sindir Rhoma Irama, Ini Klarifikasi Umi Laila

"Dari keterangan tersangka bahwa tersangka tidak suka dengan kegiatan ceramah keagamaan," katanya.

Sebelumnya, Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Raden Prabowo Argo Yuwono menyampaikan pihaknya berjanji mengusut tuntas kasus penyerangan terhadap ustaz di sejumlah daerah. Salah satunya terjadi di Masjid Baitus Syakur, Kepulauan Riau yang menimpa ustaz Abu Syahid Chaniago.

“Kita usut setiap kejadian yang ada,” kata Argo saat dihubungi wartawan pada Jumat, 24 September 2021.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya