Penularan COVID-19 Turun, DPR Minta Semua Pihak Tetap Waspada

Wakil Ketua Komisi VI DPR, Martin Manurung.
Sumber :
  • Dok. Partai Nasdem.

VIVA - Wakil Ketua Komisi VI DPR dari Fraksi Partai Nasdem, Martin Manurung, meminta pemerintah dan semua pihak untuk tidak terlalu percaya diri dalam menghadapi pandemi COVID-19. Meski tren penularan di tanah air sudah menurun, tapi dia mengingatkan perkembangan yang ada di negara lain, seperti di Singapura juga sekarang naik.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

"Di berbagai negara juga naik," kata Martin di Gedung DPR, Jakarta, dikutip pada Selasa, 28 September 2021.

Martin berharap rumah sakit di bawah Kementerian BUMN harus mempersiapkan hal buruk yang kemungkinan kembali terjadi. Belajar dari keadaan sebelumnya, masih banyaknya pasien yang tidak dapat terlayani karena kurangnya fasilitas kesehatan, seperti kekurangan tempat tidur, oksigen maupun alat-alat kesehatan lainnya.

Cuan Banget, Inilah Kenapa Live Selling Disarankan Buat Para Penjual Online

“Kita harus menyiapkan diri juga kalau seandainya terjadi gelombang yang berikutnya, sampai pandemi ini benar-benar selesai,” kata dia.

Baca juga: Penambahan Kasus COVID-19 Nasional 27 September Turun Jadi 1.390

Riset: Kebiasaan Belanja Orang Indonesia, Bandingin Harga di Situs Online dan Toko Offline

Ia menambahkan laporan dari Kementerian Kesehatan berdasarkan data dari Our Word In Data (OWID), beberapa negara besar seperti Amerika, United Kingdom dan Israel sempat mengalami penurunan kasus COVID-19 pada Januari hingga Juni 2021. Begitu juga dengan negara-negara di kawasan Asia, seperti Jepang, Singapura dan Malaysia.

Penurunan angka kasus COVID-19 tersebut diyakini karena vaksinasi yang hampir menyeluruh kepada masyarakat di masing-masing negara. Namun pada Juli hingga September 2021, negara-negara di atas mengalami gelombang besar.

Dari data yang terkonfirmasi kasus-kasus baru tersebut sebagai varian baru COVID-19 yaitu varian Delta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya