MA Izinkan Anak Buah Irjen Sambo Periksa Napoleon Bonaparte

Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo
Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo
Sumber :
  • Is

VIVA – Kepala Divisi Propam Polri, Irjen Ferdy Sambo mengatakan pihaknya akan memeriksa Irjen Napoleon Bonaparte setelah mendapat izin dari Mahkamah Agung (MA) terkait kasus dugaan penganiayaan terhadap Muhamad Kosman alias M Kece di Rumah Tahanan (Rutan) Bareskrim.

“Mahkamah Agung telah memberikan izin resmi pemeriksaan Irjen NB yang diajukan oleh Divisi Propam Mabes Polri,” kata Sambo melalui keterangannya pada Selasa, 28 September 2021.

Menurut dia, ada beberapa hal yang akan dimintai keterangannya terhadap Irjen Napoleon oleh Propam pada Rabu, 29 September 2021. Yakni, pemeriksaan terhadap Irjen Napoleon untuk melengkapi penyidikan kepada tujuh Anggota Polri yang terdiri dari penjaga tahanan dan Kepala Rutan Bareskrim.

“Pasca pemeriksaan terhadap Irjen NB, akan dilakukan gelar perkara untuk menentukan tersangka kelalaian atas penganiayaan tersangka kasus penistaan agama M. Kece,” ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, Inspektur Jenderal Polisi Napoleon Bonaparte menyampaikan surat terbuka usai beredarnya informasi mengenai penganiayaan yang dia lakukan terhadap M Kece di rumah tahanan.

Dalam surat yang kabarnya disebarluaskan oleh kuasa hukumnya, Haposan Batubara, Napoleon mengakui bahwa tindak penganiayaan yang dilakukannya terhadap YouTuber tersebut adalah benar.

"Akhirnya, saya akan mempertanggung jawabkan semua tindakan saya terhadap kece apapun risikonya," kata dia dikutip dari surat itu pada Minggu, 19 September 2021.