ICW Sebut Firli Bahuri Cs yang Bikin Kepercayaan KPK Menurun

Konferensi Pers Pimpinan KPK
Konferensi Pers Pimpinan KPK
Sumber :
  • VIVA/ Edwin Firdaus

VIVA – Indonesia Corruption Watch (ICW) menilai penurunan tingkat kepercayaan masyarakat kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam survei Indikator Politik menguatkan bukti lembaga antirasuah tersebut sedang bermasalah.

Pasalnya, sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, di mana KPK selalu menempati posisi terbaik terkait kepercayaan masyarakat terhadap lembaga-lembaga negara. 

Namun, bagi ICW, hal itu tidak mengejutkan lagi. Sebab, selama kurun waktu satu tahun terakhir, KPK lebih sering memperlihatkan kontroversi, daripada prestasi.

"Jika ditelisik lebih lanjut, ICW meyakini sumber utama permasalahan di tubuh KPK saat ini berasal dari lima pimpinannya," kata Peneliti ICW Kurnia Ramadhana kepada awak media, Selasa, 28 September 2021.

ICW merinci setidaknya ada tiga hal yang menjadi sorotan masyarakat. Pertama, disebutkan Kurnia, yaitu terkait minimnya integritas pimpinan KPK.

Merujuk pada pelanggaran kode etik, sejauh ini sudah ada dua pimpinan KPK yang harus berurusan dengan Dewan Pengawas, yakni Firli Bahuri dan Lili Pintauli Siregar.

"Dalam isu ini, tentu saja masyarakat tidak mungkin akan percaya lagi jika KPK mengkampanyekan nilai integritas kepada masyarakat, sedangkan pimpinannya saja bermasalah dari segi etika," kata Kurnia.