Rekrut 56 Mantan Pegawai KPK, Irjen Argo: Kapolri Punya Niat Baik

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo
Sumber :
  • dok Polri

VIVA – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo siap menampung 56 orang mantan pegawai KPK yang tidak lolos tes wawasan kebangsaan (TWK) menjadi aparatur sipil negara (ASN) di Direktorat Tindak Pidana Korupsi Bareskrim, termasuk Novel Baswedan. Tentu, Jenderal Sigit dianggap memiliki niat baik untuk merekrut eks pegawai KPK tersebut.

“Niat baik itu,” kata Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Raden Prabowo Argo Yuwono saat dikonfirmasi wartawan pada Rabu, 29 September 2021.

Namun, Argo meminta masyarakat bersabar terkait mekanisme perekrutan 56 orang mantan pegawai KPK itu untuk menjadi ASN Polri. Sebab, proses sedang berjalan berkoordinasi dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) serta Badan Kepegawaian Negara (BKN).

"Ya sabar. Proses kan sedang berjalan," ujarnya.

Baca juga: Mahfud MD Ungkap Dasar Hukum Perekrutan 56 Pegawai KPK ke Polri

Sebelumnya diberitakan, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan mau mengangkat 56 pegawai KPK yang tidak lolos TWK menjadi anak buahnya. Diketahui, pegawai KPK tak lolos tersebut resmi dipecat per tanggal 30 September 2021.

"Kami sudah berkirim surat kepada Pak presiden untuk memohon terhadap 56 orang yang melaksanakan tes TWK yang tidak lolos di tes dan tak dilantik ASN KPK untuk bisa kita tarik kemudian dan rekrut jadi ASN Polri," ujar Listyo usai memantau gladi bersih pembukaan PON di Papua, Selasa malam, 28 September 2021.