Bertemu Dubes Belanda, Ganjar Bahas Penanganan Banjir di Jateng

Dubes Belanda saat diskusi dengan Gubernur Jateng
Sumber :
  • tvOne/Teguh Joko Sutrisno

VIVA – Duta Besar Belanda untuk Indonesia, Lambert Grijns, hari ini Rabu, 29 September datang ke Kota Semarang. Ia bertemu Gubernur Ganjar Pranowo untuk membahas kerjasama lanjutan penanganan banjir dan rob.

PSI Ungkap Sosok Gubernur yang Tepat Pimpin Jakarta

Lambert mengungkapkan, pihaknya mendapat informasi terkait banyak hal yang telah dilakukan pemerintah dalam usaha menanggulangi banjir. 

"Kita akan terus dengan proyek untuk daerah-daerah yang ada di sekitar Pantura dan di garis pantai. Yang pertama yang kita lakukan untuk memprotek atau menjaga daerah di sekitar bibir laut,” jelasnya.

Belum Tentukan Jadi Oposisi atau Gabung Pemerintah, Hanura Lihat Dinamika Politik

Proyek yang bertujuan untuk menjaga daerah di pesisir pantai itu, lanjutnya, akan dilakukan secara alami, yakni dengan menanam mangrove bersama dengan masyarakat sekitar. 

Lambert juga menyinggung Kota Semarang, untuk lebih mampu menanggulangi banjir dengan memperbaiki sistem air perairan.

China Dilanda Banjir Bandang, 4 Orang Tewas dan 10 Hilang

“Sebenarnya ini bukan apa-apa, hanya bantuan dari kami untuk memberikan kehidupan yang lebih baik,” tambahnya.

Sementara Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengungkapkan, sudah dilakukan diskusi terkait kerjasama Jawa Tengan dengan Belanda, yang sebenarnya sudah berjalan. Seperti penanganan banjir, rob, dan kawasan-kawasan di Pantura.

"Sebenarnya kerjasama itu sudah berjalan, konsentrasi dengan water management yang selama ini sudah dikerjasamakan dengan Belanda. Beliau sampaikan bagaimana mengelola pelabuhan, perikanan, dan peluang-peluang investasi. Saya kira hari ini kita butuh ilmu teknologi agar semua bisa tertular dengan baik,” kata Ganjar.

Laporan Teguh Joko Sutrisno/tvOne Semarang

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya