Menkes Budi Gunadi Dapat Gelar Bangsawan dari Keraton Solo

Menkes Budi Gunadi Sadikin Terima Gelar Kebangsawanan dari Keraton Surakarta
Sumber :
  • VIVA/ Fajar Sodiq

VIVA – Keraton Kasunanan Surakarta, memberikan gelar kebangsawanan kepada Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin. Gelar itu diberikan kepada Menkes atas dedikasinya menangani pandemi COVID-19 di Tanah Air.

Gabung Prabowo-Gibran Sebagai Pilihan Baik, Surya Paloh: Ini Pilihan Saya, Pilihan Nasdem

Pantauan VIVA, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka tampak mendampingi Menkes Budi Gunadi Sadikin di dalam mobil. Ada juga dua anggota Dewan Pertimbangan Presiden, yakni Irjen Pol (Purn) Sidarto Danusubroto dan Putri Kuswisnuwardhani.

Kedatangan mereka langsung disambut Permaisuri Raja Keraton Kasunan Surakarta, GKR Paku Buwono dan Pengageng Parentah Keraton KGPH Dipokusumo. Setelah itu Menkes Budi dan rombongan langsung meninjau kegiatan vaksinasi yang diikuti warga Solo dan sekitarnya. Vaksinasi telah digelar sejak tanggal 20 September hingga 6 Oktober 2021.

Prabowo Subianto Minta Maaf Karena Nakal: Saya Minta Maaf ke Senior Karena Bikin Repot

Setelah selesai meninjau kegiatan vaksinasi, Budi Gunadi bersama Gibran dan dua anggota Dewan Pertimbangan Presiden langsung bergeser ke Istana Keraton Kasunan Surakarta, yang terletak di sisi selatan Pagelaran Keraton. Di dalam bangunan keraton itu kedatangan Menkes disambut langsung oleh Raja Paku Buwono XIII Hangabehi. Pertemuan itu pun berlangsung secara tertutup.

Pertemuan antara Menkes Budi Gunadi Sadikin dengan Raja Paku Buwono XIII tidak berlangsung lama, lantaran mantan Direktur Utama Bank Mandiri itu harus bergeser lokasi kunjungan kerja ke Yogyakarta. 

Selesaikan Persoalan Papua, Jusuf Kalla Beri Saran Begini ke Prabowo-Gibran

Hanya saja saat keluar dari dalam keraton, tampak salah satu staf Menkes membawa stopmap besar berwarna merah yang dilapisi kain bludru. Biasanya bentuk stopmap seperti itu merupakan pemberian kekancing gelar kebangsawanan dari Raja Paku Buwono XIII.

Namun saat akan dikonfirmasi terkait pemberian gelar kebangsawanan dari Keraton Kasunanan Surakarta itu, Menkes Budi Gunadi Sadikit buru-buru masuk ke dalam mobil untuk melanjutkan perjalanan ke Yogyakarta.

Sementara itu Pengageng Parentah Keraton Kasunanan Surakarta KGPH Dipokusumo membenarkan, Menkes telah menerima gelar kebangsawanan dari Sinuhun Paku Buwono XIII dalam pertemuan di dalam keraton. Hanya saja ia mengaku belum tahu gelar yang diberikan kepada Menkes, karena buru-buru meninggalkan keraton untuk melanjutkan kunjungan kerjanya.

“Ada sesuatu kekancingan, tapi saya belum sempat melihat. Terus terang saya belum tahu, nanti saya kabari,” ujarnya saat ditemui wartawan di Keraton Kasunanan Surakarta, Rabu, 29 September 2021.

Dipokusumu menyebut, pemberian gelar kebangsawanan kepada Menkes Budi Gunadi Sadikin karena dianggap bekerja dengan baik dalam melakukan penanganan pandemi COVID-19. Selian itu, Menkes juga dinilai sangat peduli terhadap Abdi Dalem keraton dan warga sekitar keraton yang belum divaksin.

“Iya, pastinya tentang penanganan COVID-19 yang telah dilakukan secara baik oleh Menkes. Pertimbangannya, kita sebenarnya sudah ada komunikasi baik. Kedua adalah sebagai pejabat tinggi dan pilihan tempatnya di sini untuk kegiatan vaksinasi di keraton sehingga semakin mengerti arti penting sejarah kebudayaan,” jelasnya.

Sebelumnya Keraton Kasunanan Surakarta juga sempat memberikan gelar kebangsawanan kepada Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. Putra sulung Presiden Jokowi itu mendapatkan gelar Kanjeng Pangeran Gibran Rakabuming Widuranagoro pada Senin 20 September 2021 silam. Gibran dianugerahi gelar kebangsawan usai meninjau vaksinasi yang dilaksanakn di Pagelaran Keraton Kasunanan Surakarta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya