Antisipasi Ancaman Teror, Kepala BNPT Cek Lokasi PON Papua

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol Boy Rafli Amar
Sumber :
  • Antara

VIVA – Presiden Joko Widodo atau Jokowi dijadwalkan akan membuka secara resmi perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua pada Sabtu besok, 2 Oktober 2021. Meski demikian, beberapa pertandingan di cabang olahraga tertentu sudah berlangsung.

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Untuk memastikan keadaan kondusif dan antisipasi ancaman teror, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Komjen Boy Rafli Amar meninjau langsung venue PON XX Papua. Salah satu venue yang dicek adalah cabang olahraga sepatu roda pada Jumat, 1 Oktober 2021.

Boy yang juga eks Kapolda Papua itu menekankan akan berupaya pesta olahraga terbesar nasional itu bisa aman dari ancaman teror. Ia menekankan akan bersinergi dengan aparat keamanan dan pihak terkait demi keamanan dan kelancaran PON Papua.

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

"Kita akan terus berupaya bersama seluruh aparat dan masyarakat di Jayapura, Timika, dan Merauke agar PON ini dapat berlangsung dengan kondusif," kata Boy Rafli, dalam keterangannya, Jumat, 1 Oktober 2021.

Dalam kesempatan itu, Boy menyempatkan juga mengalungkan medali kepada atlet sepatu roda asal DKI Jakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Mereka menjuarai kategori maraton 24 KM Putra dan maraton 24 KM Putri. 

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

Sementara itu, Ketua Umum Persatuan Olahraga Sapatu Roda Seluruh Indonesia (Perserosi), Velix Vernando Wanggai, mengapresiasi kehadiran dan dukungan BNPT. Menurutnya dengan kelancaran pelaksanaan PON, bisa membantu pembangunan bakat generasi muda. Hal ini yang berdampak positif untuk Papua dan Indonesia.

"Ini merupakan komitmen dan dukungan BNPT, PON berjalan dengan baik sehingga dari satu sisi  ini membangun talent muda Indonesia, juga dalam konteks pembangunan Papua," kata Velix. 

Bagi Velix, olahraga bisa menjadi wadah diplomasi yang efektif untuk meningkatkan solidaritas dan perdamaian di Papua. "Ini adalah titik masuk yang sangat baik oleh Bapak Kepala BNPT dalam konteks pembangunan sosial," tutur Velix

Sebelumnya, Presiden Jokowi memastikan bakal hadir untuk membuka ajang PON Papua 2021 di Stadion Lukas Enembe, Jayapura, pada Sabtu besok, 2 Oktober 2021. Ditemani sejumlah pejabat seperti Panglima TNI, Jokowi sudah bertolak ke Papua pada Jumat, hari ini, 1 Oktober 2021.

"Saya terbang menuju Papua hari ini dan bermalam di Jayapura. Sampai bertemu besok di arena pembukaan Pekan Olahraga Nasional XX," tulis Presiden Jokowi melalui akun Instagramnya.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya