Dihadiri Jokowi, Upacara Pembukaan PON XX Papua Berjalan Meriah

Pembukaan PON Papua
Sumber :
  • Tangkapan layar

VIVA – Upacara pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua berjalanan meriah di Stadion Lukas Enembe, Jayapura, Sabtu, 2 Oktober 2021. Pembukaan dimulai tepat pukul 19.00 WIT. 

Jokowi Minta AHY Selesaikan 2.086 Hektar Lahan Bermasalah di IKN Tanpa Ada Korban

Acara yang dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo, Ketua DPR Puan Maharani dan Ketua MPR Bambang Soesatyo tersebut, diawalai dengan tarian tradisional dari sejumlah penari diikuti dengan tulisan Selamat Datang Papua. Video hitung mundur diputar dengan burung cendrawasih.

Acara pun dimeriahkan hiburan musik, parade atlet, penampilan budaya, hingga penyalaan kembang api.

Golkar Terbuka Jika Jokowi-Gibran Mau Gabung: Amin, Kami Anggap Doa

Baca juga: Update COVID-19 Nasional 2 Oktober 2021: Sembuh Tambah 2.380 Pasien

Sejumlah selebriti nasional dan artis Papua pun turut memeriahkan Upacara Pembukaan PON XX. Anarara lain, Raffi Ahmad, Intan Saumadina, Piter Ginuy, dan Irsa Yoku sebagai pembawa acara sebelum upacara pembukaan berlangsung.

Kata Istana soal Kabar Jokowi Bakal Anugerahkan Satyalencana ke Gibran dan Bobby

Edo Kondologit, Tulus, Ruth Sahanaya, Michael Jakarimilena, Nowela Elizabeth Auparay dan Lea Simanjuntak pun mengisi acara sebelum PON XX dibuka oleh Presiden Jokowi.

Kemudian, terdapat pula artis Papua antara lain Vien Mangku ft. Qhiba Mansawan, Joanita Chatarine, Papua Original, Trio Papua, Albert Fakdawer, Oyandi Voice, dan Paduan Suara Gema Chandra Universitas Cenderawasih.

Sebanyak 40 ribu kursi disiapkan bagi para penonton. Jumlah tersebut merupakan 25 persen dari kapasitas total Stadion Lukas Enembe.

Ratusan tenaga medis juga telah bersiaga selama upacara pembukaan PON. Mereka disebar di sejumlah titik di area stadion seperti di pintu masuk hingga di dalam stadion.

Sebelum pembukaan PON Papua, sejumlah cabang olahraga sudah dipertandingkan. DKI Jakarta saat ini masih merajai klasemen perolehan medali PON Papua dengan 28 emas, 15 perak, 20 perunggu. 

Tuan rumah Papua, di posisi kedua dengan 17 emas, 5 perak, 13 perunggu, dan menyusul Posisi ketiga ditempati Jawa Barat dengan 11 emas, 15 perak, dan 25 perunggu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya