Buka PON XX Papua, Jokowi: Ini Panggung Kesetaraan dan Keadilan di RI

Presiden Jokowi pada pembukaan PON XX Papua.
Sumber :
  • Dok. Biro Pers dan media Istana Kepresidenan.

VIVA – Presiden Jokowi secara resmi membuka PON XX Papua 2021 di Stadion Lukas Enembe, Jayapura, Sabtu petang, 2 Oktober 2021. Acara juga dihadiri Ketua DPR, Puan Maharani dan Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo.

Jangan Dilewatkan! Ini Pentingnya Pemanasan Sebelum Olahraga

"Kita bangga berada di tanah Papua. Kita bangga berada di stadion terbaik di Asia Pasifik. Kita bangga membuka PON XX, PON pertama yang diselenggarakan di tanah Papua. Pekan olahraga ini menunjukkan kemajuan dan kesiapan Papua menjadi tuan rumah ajang internasional,” kata Jokowi dalam sambutannya.

PON Papua, lanjut Jokowi, merupakan panggung kesatuan, persaudaraan, kesetaraan, dan keadilan sekaligus menjadi bingkai persatuan Republik Indonesia.

Nyeri-Pegal Usai Olahraga? Yuk Kenalan dengan DOMS

"PON Papua secara resmi saya buka," kata Jokowi menutup sambutannya.

Usai memberi sambutan, kembang api pun langsung menghiasi langit di atas stadion. 

Dianggap Bukan Lagi Kader PDIP, Zulhas: Rumah Pak Jokowi dan Gibran Namanya PAN

Untuk diketahui, sebanyak 40 ribu kursi disiapkan bagi para penonton. Jumlah tersebut merupakan 25 persen dari kapasitas total Stadion Lukas Enembe.

Ratusan tenaga medis juga telah bersiaga selama upacara pembukaan PON. Mereka disebar di sejumlah titik di area stadion seperti di pintu masuk hingga di dalam stadion.

Sebelum pembukaan PON Papua, sejumlah cabang olahraga sudah dipertandingkan. DKI Jakarta saat ini masih merajai klasemen perolehan medali PON Papua dengan 28 emas, 15 perak, 20 perunggu. 

Tuan rumah Papua, di posisi kedua dengan 17 emas, 5 perak, 13 perunggu, dan menyusul Posisi ketiga ditempati Jawa Barat dengan 11 emas, 15 perak, dan 25 perunggu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya