Ritual Tanpa Baju, Ustaz Encep Ikut Perintah Guru

Ustaz Encep (Bersarung Tanpa Mengenakan Baju)
Ustaz Encep (Bersarung Tanpa Mengenakan Baju)
Sumber :
  • Tim TvOne/ Rizki Gustana

VIVA – Ustaz Encep Jaenal Mutaqim, Pimpinan Pondok Pesantren Nurul Ikhlas, Desa Cipendeuy, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, tidak hanya heboh soal klaim wali. Tapi juga kebiasannya yang tidak mengenakan baju. Termasuk dalam acara yang diikuti ratusan para santrinya. Ia hanya menggunakan sarung.

Mengenai klaim sebagai wali, Ustaz Encep sudah membantahnya. Tetapi soal ritualnya yang tidak menggunakan baju, ia menjelaskan itu sudah dilakukan selama tiga bulan terakhir.

Dia menjelaskan, dirinya diperintahkan oleh gurunya yang ada di Malang Jawa Timur, untuk tidak menggunakan baju. Sampai kapan, dia mengaku tidak tahu.

Baca juga: Soal Klaim Wali, Ustaz Encep: Itu Fitnah

"Saya nurut saja karena saya di pesantren diajarkan untuk taat pada guru," kata Ustaz Encep dalam perbincangan di Apa Kabar Indonesia Pagi tvOne, Minggu 3 Oktober 2021.

Dia menjelaskan, apa yang dilakukannya tidak melanggar aturan Islam. Karena yang dilakukannya tetap menutup aurat. Dalam menjalankan perintah gurunya itu, ada wirid yang harus dibaca. Juga memakan kunir.

Ustaz Encep mengaku, bukan kali ini saja gurunya tersebut memerintahkan sesuatu yang tidak sesuai dengan kenormalan masyarakat pada umumnya. Bahkan sebelumnya ia disuruh ke pinggir pantai.