Polri Temukan 35 Kg Bahan Peledak di Ketinggian 1.450 MDPL

Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes Pol Ahmad Ramadhan
Sumber :
  • VIVA/Farhan Faris

VIVA –  Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Mabes Polri, Kombes Ahmad Ramadhan mengatakan Tim Densus 88 Antiteror Polri menemukan bom berupa bahan peledak TATP 'Mother of Satan' sebanyak 35 kilogram, di kaki Gunung Ciremai, Majalengka, Jawa Barat.

Bea Cukai dan Bareskrim Polri Jalin Sinergi Gagalkan Peredaran Narkotika di Tangerang dan Aceh

Jelas dia, penemuan tersebut bermula dari pengajuan narapidana terorisme jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD) bernama Imam Mulyana pada Jumat, 1 Oktober 2021. Imam merupakan teroris yang ditangkap Densus saat kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Cirebon 2017.

Akhirnya, kata dia, Tim Densus 88 Polri bersama Tim Jibom Brimob Polda Jawa Barat, Inafis Polres Majalengka, Tim Polres Majalengka dan Tim Lapas Sentul yang mengawal Imam melakukan pencarian. Seluruh tim membelah hutan yang lebat dengan rute yang tidak lazim selama berhari-hari.

8 Terduga Teroris Jaringan JI Ditangkap, Polisi Ungkap Ada yang Berperan Jadi Bendahara

"Tim akhirnya menemukan bahan peledak berupa TATP sebanyak 35 kg itu di ketinggian 1.450 MDPL, sebuah lokasi tersembunyi dan sulit untuk dijangkau, di seputaran Blok Cipager, Desa Bantar Agung, Sindangwangi, Majalengka, Jawa Barat," kata Ramadhan di Gedung Bareskrim pada Senin, 4 Oktober 2021.

Lebih lanjut dijelaskannya, 35 kg bom TATP itu ditemukan dalam beberapa wadah terpisah yakni dari toples berisi 10 kg TATP murni, 4 tupperware berisi TATP murni dan C1, botol plastik ukuran 250 ml isi gotri (besi bulat berukuran kecil) serta setengah botol air minum besar berisi TATP sudah berubah warna.

“Selanjutnya, Tim Jibom Brimob Polda Jabar melakukan tindakan pemusnahan (disposal) terhadap bahan peledak di sekitar lokasi penemuan. Dari hasil pemusnahan itu, ternyata bahan peledak masih menghasilkan efek ledakan yang dahsyat,” ujarnya.

100 Ribu Pendukung Prabowo-Gibran Diklaim Bakal Aksi di MK Besok, Polri Lakukan Ini

Ramadhan menambahkan dari ledakan 50 gram TATP yang dimusnahkan di atas tanah, ternyata menimbulkan lubang dengan diameter sekitar 1 meter dengan kedalaman 20 cm. Bahkan, ledakan tersebut membuat tanah longsor.

"Saat ini, sebagian sisa TATP diamankan untuk barang bukti sekitar 3 per 4 botol air mineral ukuran 1,5 liter dan disimpan Tim Jibom Brimob Polda Jabar untuk dilakukan penelitian lebih lanjut," jelas dia.

Lokasi kebakaran toko frame di Mampang Prapatan, Jakarta Selatan

Puslabfor Polri Selidiki Kasus Kebakaran Maut Toko Frame Mampang

Penyelidikan kasus kebakaran maut yang terjadi di Toko Bingkai Mampang Jakarta Selatan, ikut melibatkan pihak Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Polri yang juga mela

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024