Pastikan Prokes PON Papua, Kemendagri Sebar 10 Ribu Masker

Kemendagri bagikan 10 ribu masker pastikan prokes di PON Papua
Sumber :
  • VIVA/Eduward Ambarita

VIVA – Kementerian Dalam Negeri (Kemendgari) ikut bantu menyukeskan pelaksanaan PON XX yang masih berlangsung di Papua. Lewat Dirjen Bina Administrasi Wilayah, kementerian terlibat dalam hal penegakan protokol kesehatan (prokes).

Masyarakat Diimbau Waspada Terhadap Penawaran Paket Umrah dan Haji Harga Murah

10 ribu masker dibagikan kepada pengunjung maupun penonton yang ada di sekitar arena pertandingan olahraga. Salah satunya di Stadion Lukas Enembe, yang beberapa hari lalu menjadi lokasi pembukaan PON oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Dalam rangka mendukung PON XX Papua 2021 serta memperkuat implementasi penegakan protokol kesehatan pada penyelenggaraan PON XX Papua 2021 sebagaimana instruksi menteri dalam negeri Nomor 46 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Provinsi Papua, Kemendagri melaksanakan kegiatan Pembagian 10.000 masker bagi Pengunjung di Venue Utama yaitu Stadion Mandala dan Stadion Lukas Enembe," kata Dirjen Bina Adwil, Safrizal ZA dalam keterangannya, Senin 4 Oktober 2021.

Berpengalaman di DPR, Sumail Abdullah Dinilai Berpotensi Maju Pilkada Banyuwangi

Safrizal mengatakan, gerakan bagi-bagi masker ini dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk lebih patuh dan tertib protokol kesehatan.

Kementerian Dalam Negeri pun bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Provinsi Papua melalui Satuan Polisi Pamong Praja dan Penanggulangan Bencana Daerah.

Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit

"Penguatan disiplin protokol kesehatan adalah hal yang utama dalam pesta olehraga nasional ini," ujarnya.

Selain itu Kemendagri juga ingin memastikan, percepatan vaksinasi, hingga penggunaan aplikasi PeduliLindungi. Mereka para pemain, offisial, kru media dan staf pendukung wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi guna melakukan skrining.

Sekadar diketahui, penyelenggaraan PON XX ini menjadi ajang promosi yang akan membuat masyarakat di luar Papua tertarik mengenal dan memahami kondisi di daerah yang sangat indah alamnya ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya