Percepat Herd Immunity Sektor Pertanian, Petani Jadi Sasaran Vaksin

Petani divaksin
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Upaya mendukung Pemerintah mempercepat tercapainya kekebalan komunal atau herd immunity terus dilakukan sejumlah pihak termasuk dari swasta. Target herd immunity dikejar yang salah satunya dengan menyasar para petani untuk divaksin.

Penyakit Menular Arbovirosis Jadi Ancaman Baru, Menkes Budi: Lakukan 5 Hal Ini untuk Menanganinya

Hal ini seperti dilakukan PT East West Seed Indonesia (Ewindo) produsen benih sayuran Cap Panah Merah yang menggelar vaksinasi untuk petani hortikultura di Cirebon, Jawa Barat. Vaksinasi Ewindo ini dilaksanakan selama dua hari yang memang khusus untuk 300 petani.

General Manager Corporate Affairs Ewindo, Fransiska Fortuna menyampaikan dengan vaksinasi ini diharapkan, petani holtikultura bisa optimal, terlindungi dalam menjalankan pekerjaannya selama pandemi COVID-19. Ia menjelaskan, dalam pelaksanaannya, Ewindo didukung Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jawa Barat.

Mendag Zulhas Tegas Tolak Impor Bawang Merah di Tengah Lonjakan Harga

“Petani adalah garda terdepan yang menyediakan pangan untuk Indonesia. Ewindo terdorong membantu petani khususnya petani hortikultura untuk dapat mengurangi risiko terpapar COVID-19," kata Fransiska, dalam keterangannya, Senin, 4 Oktober 2021. 

Dia menekankan dengan vaksinasi bisa membantu pemerintah segera terciptanya herd immunity untuk bisa menghadapi pandemi. "Sehingga pandemi lebih cepat teratasi dan ekonomi segera pulih dan bangkit kembali," lanjut Fransiska.  

WHO: Imunisasi Global Menyelamatkan 154 Juta Jiwa Selama 50 Tahun Terakhir

Fransiska menambahkan, ketahanan pangan harus jadi salah satu prioritas negara. Hal ini mengingat dahsyatnya dampak pandemi COVID-19, khususnya Jawa Barat sebagai lumbung pangan nasional. 

"Petani sangat penting dalam merealisasikan ketahanan pangan di Jawa Barat. Untuk itu kami sebagai warga Jawa Barat berkomitmen terus untuk berkontribusi dalam membantu pemulihan herd immunity agar produktifitas para petani dapat semakin baik," tutur Ketua Umum BPD HIPMI Jawa Barat, Surya Batara Kartika.

Ewindo sebelumnya juga telah melakukan vaksinasi untuk 500 pekerja dan keluarganya di Purwakarta, Jawa Barat. Selain itu, ada bantuan lainnya dengan membagikan APD kepada tenaga kesehatan, mengedukasi petani dan toko-toko pertanian dengan menyediakan fasilitas cuci tangan. Pun, juga membagikan lebih dari 200 ribu masker ke petani di seluruh Indonesia. 

Sebelumnya, Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 melaporkan jumlah kasus positif COVID-19 di Tanah Air bertambah 922 pada Senin, 4 Oktober 20021. Dengan tambahan tersebut, jumlah kasus positif sejak awal Maret 2020 tercatat 4.220.206.

Untuk angka 922 kasus itu merupakan rekor karena kali pertama sepanjang 2021, kasus baru di bawah 1.000. Pemerintah terus menggaungkan vaksinasi COVID-19.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya