HUT ke-76, Jokowi Puji Peran TNI Tuntaskan Pandemi COVID-19

Peringatan HUT ke-76 TNI di Istana Merdeka, Jakarta
Sumber :
  • YouTube Sekretariat Presiden

VIVA – Upacara HUT TNI ke-76 kali ini digelar di Istana Merdeka Jakarta. Meski di tengah kondisi pandemi COVID-19, tidak mengurangi hikmadnya upacara yang juga disertai pertunjukan helikopter dan pesawat tempur milik TNI. Juga dipamerkan sejumlah alutsista.

TNI AL Kembali Diperkuat 2 Kapal Perang PC 40 Terbaru Buatan Dalam Negeri

Presiden Joko Widodo dalam sambutannya, mengucapkan selamat Hari Ulang Tahun TNI ke-76. 

“Atas nama rakyat bangsa dan negara, saya menyampaikan selamat hari ulang tahun ke-76 Tentara Nasional Indonesia. Rakyat, bangsa dan negara juga menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada jajaran TNI yang selalu menjadi penjaga utama kedaulatan bangsa,” kata Presiden Jokowi dalam amanatnya selaku Inspektur Upacara dalam peringatan HUT TNI ke-76, Selasa 5 Oktober 2021. 

Di Forum Parlemen MIKTA, Puan Ingatkan Krisis di Gaza Berdampak pada Stabilitas Global

Jokowi menegaskan, bahwa TNI memiliki peran strategis dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan UUD 1945 dan Pancasila. Sehingga TNI lah yang menjadi garda terdepannya.

Di sisi lain, Presdien Jokowi juga menyampaikan, situasi pandemi COVID-19 yang terjadi hampir dua tahun belakangan. Dalam kondisi itu, TNI juga turun langsung dalam membantu penanganan.

Tentara Israel Ramai-ramai Pajang Foto saat Perang di Aplikasi Kencan

Jokowi mengibaratkan, situasi pandemi ini adalah seperti sebuah peperangan. Perang dalam arti melawan virus yang berlarut-larut yakni COVID-19.

“Perang yang sangat menguras tenaga, menguras pikiran, mental dan semangat juang. Perang yang membutuhkan kewaspadaan, kecepatan sinergi dan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi,” jelasnya. 

Atas nama rakyat dan bangsa Indonesia, Presiden menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh prajurit TNI, yang ikut membantu menanganani masa pandemi COVID yang saat ini terbilang kasusnya sudah landai. Profesionalisme TNI, Jokowi menegaskan sudah tidak diragukan lagi. 

“Keberhasilan kita dalam penanganan pandemi COVID-19 ini tidak terlepas dari peran besar TNI. TNI yang selalu menunjukkan profesionalisme dalam setiap penugasan, kemampuan perorangan, kemampuan satuan, pemanfaatan iptek termasuk alutsista telah digunakan dan dikerahkan dalam menunaikan setiap tugas yang diberikan,” ucap Presiden. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya