Cara Satgas Cegah Penularan Covid-19 Selama PON XX Papua

Arena Klemen Tinal, venue sepatu roda di PON XX Papua.
Sumber :
  • ANTARA/HO-PB PON XX PAPUA/Ronaldy Irfak

VIVA – Berbagai upaya dalam pencegahan terhadap masalah COVID-19 dalam pelaksaan kegiatan Pekan Olahraga Nasional (PON) di Papua pada 2021. Salah satunya dengan membuka gerai masker di lokasi venue PON tersebut.

Freeport Indonesia Setor Rp 3,35 Triliun Bagian Daerah dari Keuntungan Bersih 2023

Hal itu diungkapkan oleh Plt Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Jayapura, Alpius Toam dalam acara “Torang Bisa! Taat Prokes, Sukseskan PON XX 2021 Papua” melalui virtual di Jakarta, Rabu, 7 Oktober 2021.

"Kami bentuk posko pencegahan atau prokes. Membangun gerai venue event olahraga ini," kata Alpius.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Memakai masker

Photo :
  • Times of India

Jadi, upaya yang saat ini di lapangan di bekerjasama dengan Satgas Protokol kesehatan kesehatan BNPB Pusat yang sudah membackup di Papua.

PYCH Binaan BIN Buat Kegiatan Rutin di Papua: Pengembangan Wisata hingga Usaha

"Saat pertandingan ada relawan yang sudah dilatih pembagian masker di mana pertandingan berlangsung dan ini dilakukan setiap hari di semua tempat. Wilayah di venue sudah ada gerai, baik melalui mobil yang terus bergerak," katanya.

Kabid Kedaruratan & Logistik BPBD Kota Jayapura, Jonnie Koolang menambahkan, upaya yang dilakukan di Kota Jaya terhadap protokol kesehatan COVID-19 dengan melakukan sosialisasi terhadap masyarakat dan juta para warga yang aka menonton. 

"Memberikan sosialisasi edukasi tentang prokes. Membantu membagikan masker yang akan menyaksikan pertandingan. 

Program ini sangat membantu melindungi baik sebagai atlit, official dan masyarakat umum," kata Jonnie. 

Melihat prokes oleh BNPB sangat penting sekali. Memberikan bantuan kepada masyarakat yang tinggal di sekitar venue. Serta seluruh laporan masyarakat. 

Tim Komunikasi COVID-19 Satgas COVID-19 Nasional, Yoan Tjahyadi yang saat ini melaporkan kondisi di lokasi venue Dayung di Kota Jayapura. Dikatakannya, bahwa di lokasi itu dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19 dan lokasi itu juga ada gerai masker juga.

"Semua taat prokes di depan venue tersebut sudah ditempatkan relawan ada 8 orang dan gerai masker dan aktif membagikan masker dan aktif untuk mengingatkan pakai masker," kata Yoan.

Ia menuturkan bahwa atlet Dayung yang berada di lokasi itu menggunakan masker begitu juga para penonton. "Kami diberkati kontribusi oleh para relawan tanpa kenal lelah," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya