Said Aqil Siap Pimpin NU untuk Periode Ketiga jika Para Kiai Meminta

Ketua Umum NU Said Aqil Siroj bersama sejumlah petinggi NU saat berziarah di makam para pendiri organisasi itu di Jombang, Jawa Timur, pada Kamis, 7 Oktober 2021.
Sumber :
  • VIVA/Nur Faishal

VIVA – Said Aqil Siroj diisukan akan kembali maju sebagai calon ketua umum Nahdlatul Ulama dalam Muktamar yang dijadwalkan digelar di Lampung pada 23-25 Desember 2021. Bila benar mencalonkan lagi dan terpilih, itu adalah ketiga kalinya bagi Said memimpin organisasi masyarakat terbesar di Indonesia tersebut.

GP Ansor Ungkap Makna Gowes 90 KM, Simbol Perjuangan Menuju Indonesia Emas 2045

Pada Kamis, 7 Oktober 2021,  Said didampingi Sekretaris Jenderal Helmy Faishal Zaini melakukan kunjungan ke sejumlah pesantren besar di Jawa Timur, yaitu Pesantren Lirboyo, Kota Kediri, dan Pesantren Al-Falah di Ploso, Kabupaten Kediri. Setelahnya dia berziarah ke makam para pendiri dan tokoh NU di Jombang, yakni di Pesantren Tebuireng, Pesantren Denanyar, dan Pesantren Tambak Beras.

Said menemui para kiai sepuh di Jawa Timur ditengarai untuk meminta restu mencalonkan lagi menjadi ketua umum NU pada muktamar nanti. Namun, dia menampik ketika ditanya wartawan soal itu. Dia mengaku bahwa kunjunhgannya ke Jawa Timur hanya sowan biasa dan untuk berziarah ke makam ulama dan pendiri NU.

Pendeta Gilbert Olok-olok Salat dan Zakat, PBNU: Kami Umat Islam Diajarkan untuk Menahan Emosi

Namun demikian, Said mengaku siap mencalonkan lagi ketua umum NU bila memang diminta oleh para kiai dan pengurus NU. “Kalau diminta, saya harus maju; kalau enggak, ya, enggak [maju menjadi calon Ketum NU di Muktamar Lampung nanti],” ujarnya, singkat.

Selain Said, nama lain yang santer digadang maju sebagai calon pemimpin NU ialah Yahya Cholil Staquf alias Gus Yahya, kini menjabat Katib Aam NU. Kakak dari Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas itu juga sudah sowan ke Pesantren Lirboyo menjelang Musyawarah Nasional Alim Ulama Konferensi Besar NU beberapa waktu lalu. Saat itu, Gus Yahya didampingi Rais Aam NU Miftachul Akhyar dan sejumlah pengurus NU Jawa Timur.

Pentingnya Akses Air Bersih dalam Menyempurnakan Ibadah
Kementerian Agama Luncurkan Program Bantuan Pendidikan Islam dan Pesantren

Kemenag Berikan Bantuan untuk Pendidikan Islam dan Pesantren: Simak Syarat dan Ketentuannya

Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Ditjen Pendidikan Islam Kemenag pada tahun anggaran 2024, memulai program pendidikan agama Islam dan bantuan pesantren.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024