Imigrasi Bikin Layanan Eazy Passport, DPR: Terobosan Baru

Pembuatan paspor. (Foto ilustrasi)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

VIVA – Langkah Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM atau Kemenkumham yang membuat pelayanan Eazy Passport dapat apresiasi. Kebijakan ini dinilai langkah bagus dan menjadi terobosan baru yang memudahkan pelayanan masyarakat.

Musim Mudik Lebaran 2024, TPI Imigrasi Soetta Catat Pergerakan Penumpang Naik 10 Persen

Anggota DPR dari Fraksi PDIP Darmadi Durianto menyampaikan demikian karena pelayanan publik dengan model jemput bola disukai masyarakat.

"Saya kira ini langkah bagus. Masyarakat saya kira antusias menyambut program ini. Selain mudah, cepat tentu saja ini terobosan baru," kata Darmadi, dalam keterangannya, Kamis, 7 Oktober 2021. 

Denny Cagur Lolos Jadi Anggota DPR, Gimana Kariernya di Dunia Entertainment?

Darmadi menambahkan, pelayanan Eazy Passport juga membantu masyarakat dalam keterbatasan aktivitas di tengah pandemi. "Melalui Eazy Passport masyarakat tidak perlu datang ke kantor Imigrasi. Ini terobosan bagus dan perlu kita apresiasi,” jelas Darmadi.

Anggota DPR Darmadi Durianto

Photo :
  • Istimewa
Bamsoet Dukung Prabowo-Gibran Rangkul Parpol di Luar KIM Demi Indonesia Emas

Dia menekankan, memang pelayanan birokrasi sudah seharusnya menerapkan konsep pelayanan berbasis digital. Efisiensi yang memudahkan masyarakat mesti diprioritaskan.

Pun, ia mencontohkan pelayanan Eazy Passport yang gencar dilakukan kantor Imigrasi Jakarta Utara di wilayah konstituennya. Salah satunya di Pluit atau tepatnya Baywalk Mall, Jakarta Utara, mulai 6 Oktober sampai 21 Oktober 2021. "Layanan pengurusan paspor ini sangat membantu sekali," sebut Darmadi.

Sementara, Ketua Yayasan Rumah Kebangsaan Bersaudara (YRKB) Lenny Wijaya, yang ikut memfasilitasi Eazy Passport mengakui pelayanan tersebut memantik antusiasme masyarakat. Sebab, selain jemput bola, pelayanan ini dipraktikkan secara kolektif.

Lenny menekankan Eazy Passport sebagai model pelayanan paspor secara kolektif atau berkelompok yang dilaksanakan di luar kantor imigrasi.

"Untuk itu, kami dari YRKB membantu untuk memfasiltasi layanan Eazy Passport karena sangat bermanfaat bagi masyarakat," tutur Lenny.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya