Tukang Bakso dan Pengayuh Becak Jadi Sasaran Berbagi Sahabat Ganjar

Sahabat Ganjar berbagi di Pasar Beringharjo
Sumber :
  • VIVA/Cahyo Edi

VIVA – Sektor UMKM menjadi salah satu sektor yang terdampak sangat parah akibat dilanda pandemi COVID-19. Karena prihatin dengan kondisi tersebut, DPP Sahabat Ganjar tergerak melakukan sebuah gerakan yang bertajuk Sahabat Ganjar Sahabatnya UMKM pada Sabtu 9 Oktober 2021.

Jasad Wanita Open BO yang Dibunuh Hanyut Dibuang di Kali Bekasi Hingga ke Pulau Pari

Kali ini relawan Ganjar tersebut melakukan upaya mendukung pelaku UMKM khususnya pedagang bakso di wilayah DKI Jakarta. Selain mengangkat usaha milik rakyat di Jakarta, juga dilakukan di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dengan membantu para pengayuh becak di sekitar kawasan Malioboro, Yogyakarta.

"Pembagian paket ratusan sembako dan nasi kotak gratis tersebut dilaksanakan pada hari ini Jalan Bekasi Timur, Kelurahan Cipinang Besar Utara, Jatinegara dan Jalan Beting Asem, Cilincing, Jakarta Utara serta di Pasar Kranggan dan Ujung Jalan Mangkubumi, Yogyakarta," kata Aloysius Jaka, perwakilan DPP Sahabat Ganjar, Sabtu 9 Oktober 2021.

Ninja Xpress: Pengiriman Paket Melonjak 20 Persen saat Ramadhan 2024

Menurutnya, sebanyak 50 gerobak milik pedagang bakso di kawasan Jakarta Timur dipasang stiker Sahabat Ganjar sebagai tanda telah menerima dukungan dan bantuan dari DPP Sahabat Ganjar. Selain itu juga turut disalurkan bantuan 250 paket sembako bagi keluarga pedagang bakso dan warga di sekitarnya.

Selain itu, Sahabat Ganjar juga membagikan 250 paket sembako kepada pengayuh becak di kawasan Jakarta Utara. Selain pengayuh becak dan keluarganya, tim Relawan DPP dan DPW Sahabat Ganjar menyantuni 180 orang anak yatim di Rumah Singgah Yatim Piatu di daerah Cilincing, Jakarta Utara.

Bansos Sembako dan PKH Kembali Disalurkan, Pos Indonesia Wanti-wanti Ini

"Kabar gembira bagi kami, karena lebih dari 50 pedagang bakso keliling di wilayah Jakarta Timur yang menyatakan diri mereka sebagai pendukung Ganjar Pranowo hari ini bisa kami temui dan berikan bantuan. Ini kami lakukan sebagai dorongan semangat bagi pelaku UMKM dimanapun berada, bahwa Sahabat Ganjar adalah bagian dari mereka," ujarnya.

Selain itu, 500 nasi kotak yang diborong dari pengusaha UMKM bidang kuliner di Yogyakarta, dibagikan kepada para pengayuh becak, petugas parkir, dan petugas kebersihan di kawasan Malioboro Yogyakarta. Sedangkan 50 becak di kawasan tersebut juga ditempel stiker sebagai tanda telah menerima bantuan dari Relawan Sahabat Ganjar DPW Yogyakarta.

Aloysius juga menambahkan bahwa kegiatan bukan hanya di wilayah Jakarta Timur saja, tetapi untuk seluruh Jakarta.

"Selain di Jakarta Timur, kami juga melakukan kegiatan di Jakarta Utara, menemui dan memberikan bantuan kepada puluhan pengayuh becak dan mengunjungi rumah singgah anak yatim. Serta kegiatan serupa di Kota Jogjakarta, dimana lebih dari 500 nasi kotak kami bagikan ke pengemudi becak dan fakir miskin di sekitar Malioboro," ujar Aloysius.

Bagi mereka, kata Aloysius, kegiatan ini sangat membantu perekonomian yang sedang tidak baik akibat adanya pandemic Covid-19 yang melanda Indonesia bahkan seluruh dunia. Aloysius  berharap seluruh rangkaian kegiatan di Jakarta dan Yogyakarta ini dapat membangkitkan semangat, baik pelaku UMKM maupun masyarakat yang terdampak pandemi yang belum diketahui kapan akan berakhir.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya