Tjahjo Kumolo Dibanding-bandingkan dengan Rizieq gara-gara Foto Hoax

Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo
Sumber :
  • VIVAnews/Syaefullah

VIVA – Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo menjadi perbincangan warganet di media sosial gara-gara mengunggah sebuah foto yang dia sebut sebagai Tol Cisumdawu di Jawa Barat namun belakangan diketahui keliru.

Jumat Agung, Presiden Jokowi Ajak Resapi Makna Pengorbanan Yesus Kristus

Tjahjo sempat mengunggah foto jalan tol yang membelah gunung. Menurut dia, tol nan indah itu merupakan yang terkeren di Indonesia karena membelah gunung dan masuk gunung. Tol yang dia ialah Tol Cisumdawu (Cileunyi, Sumedang dan Duwan).

Dalam gambar yang diunggah Tjahjo, ada keterangan yang menuliskan bahwa tol itu memungkinkan jarak tempuh Bandung ke Tegal, Jawa Tengah, ditempuh dalam waktu hanya dua jam, kemudian Bandung ke Semarang hanya tiga jam.

Kemenkominfo Mengadakan Kegiatan Webinar "Hak dan Tanggung Jawab di Ruang Digital"

Dibanding-bandingkan dengan Rizieq

Tjahjo segera meralat keterangan atas gambar yang telah dia unggah itu sekalian meminta maaf kepada publik atas kekhilafannya. “Mohon maaf postingan tol di Jabar ternyata salah, bukan di Jabar (saya dapat informasi salah). Terima kasih perhatiannya,” tulis Tjahjo dikutip dari Twitter pada Senin, 11 Oktober 2021.

Kemenkominfo Menggelar Nobar Webinar "Mengenal Literasi Digital Sejak Dini"

Namun, Tjahjo mendapat kritik karena diduga menyebarkan berita bohong atau hoax tapi cuma meminta maaf. Padahal, banyak tokoh yang menyampaikan berita benar tapi diproses hukum seperti Habib Muhammad Rizieq Shihab.

“Megawati dikabarkan sakit = Hersubeno dilaporkan. IBHRS (Imam Besar Habib Rizieq Shihab) ucap baik-baik saja = Divonis 4 tahun penjara. Menteri sebar hoax = cukup minta maaf. Hukum kejam ke ulama dan aktivis, jinak ke penguasa.. DIMANA KEADILAN!!!!,” tulis akun Eko Widodo @ekowboy2.

Bermula akun emak-emak

Laman resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika juga telah meluruskan hoax foto Tol Cisumdawu yang beredar di dunia maya pada 2019. Kemenkominfo melabeli foto itu dalam kategori Disinformasi. 

Kemenkominfo, melalui laman itu, menjelaskan bahwa gambar itu semula diunggah oleh akun dengan nama Emak-emak Cyber Army. Foto itu diberikan narasi "Penampakan tol Cisumdawu, Cileunyi-Sumedang-Dawuan, 60 km, yang memangkas dan menerobos bukit". 

Sebelumnya gambar itu diklaim sebagai jalanan yang ada di India. Namun, setelah ditelusuri, ternyata klaim terhadap foto itu tidak benar. Gambar jalan tol bukanlah di India maupun di Indonesia, melainkan jalan raya D400 Mersin-Antalya di Turki.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya