Vaksinasi Rata-rata Masih di bawah 50 Persen, Jateng Siapkan Ini

Vaksinasi di Kota Semarang, Jateng (Foto ilustrasi).
Sumber :
  • tvOne/ Teguh Joko Sutrisno (Semarang)

VIVA – Capaian vaksinasi di Jawa Tengah secara rata-rata hingga saat ini masih di bawah 50 persen. Angka tepatnya di kisaran 49,5 persen. 

WHO: Imunisasi Global Menyelamatkan 154 Juta Jiwa Selama 50 Tahun Terakhir

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Yulianto Prabowo menyampaikan ada juga sejumlah daerah yang vaksinasi sudah melebihi 70 persen.

"Rata-rata 49,5 persen. Ada daerah yang sebagian di bawah 50 persen, tapi juga banyak yang sudah di atas 70 persen," kata Yulianto dikutip pada Selasa, 12 Oktober 2021.

UNS Kerjasama dengan BRI Gelar Program Desa Inspiratif

Daerah yang cakupan vaksinasi COVID-19 di atas 70 persen adalah Kota Surakarta, Kota Salatiga, Kota Magelang, Kota Semarang, Kota Tegal, Karanganyar, Klaten, dan Sukoharjo.

Sementara itu, daerah yang cakupan vaksinasinya masih di bawah 50 persen antara lain Banyumas, Rembang, Purworejo, Kebumen, Blora, Pekalongan, Kabupaten Tegal, Kabupaten Magelang, Temanggung, Cilacap, Banjarnegara, Pemalang dan Brebes. Dia menjelaskan pihaknya akan menggenjot vaksinasi di tingkat desa.

Elektabilitas Irjen Ahmad Luthfi Tertinggi di Pilgub Jateng

"Tidak semuanya karena faktor ketersediaan vaksin, tapi juga percepatan pelaksanaannya. Sehingga yang masih rendah kita dorong untuk melakukan suatu percepatan secara simultan berbasis pada desa," jelasnya.

Menurutnya, vaksinasi COVID-19 berbasis desa sangat efektif untuk percepatan dan pemerataan. Sebab, semua faskes bergerak bersama.

"Lansia juga mudah aksesnya dan bisa jemput bola. Seperti di beberapa tempat yang sudah melakukan ini, di Boyolali ternyata cukup bagus baik total maupun lansia," tuturnya.

Yulianto juga menyatakan, Jateng sudah bisa menyuntikkan vaksin sekitar 2,5-2,6 juta dosis per minggu. Dengan demikian, harapannya angka capaian vaksinasi bisa tinggi.

Laporan: Teguh Sutrisno-tvOne

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya